Blog

Apa itu Wirausaha?

Tips Berbisnis
Sebelum memulai bisnis ada baiknya kamu memahami apa itu wirausaha. Dengan memahami definisinya, akan memudahkan kamu untuk menjalani kehidupan sebagai pebisnis. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), wirausaha disebut juga wirawasta, yaitu orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya.

Kata wirausaha sendiri, merupakan gabungan dari dua kata yang masing-masing memiliki arti. Pertama, ‘wira’ dapat diartikan sebagai pahlawan atau laki-laki. Kedua kata ‘usaha’ merupakan sebuah kegiatan dengan mengerahkan tenaga dan pikiran untuk mencapai suatu maksud. Jadi jika digabung, pengertian apa itu wirausaha adalah pelaku kewirausahaan. Suatu kegiatan yang dapat memberikan nilai tambah terhadap produk atau jasa melalui transformasi, kreativitas, inovasi, dan kepekaan terhadap lingkungan sekitarnya.

Definisi lainnya dari apa itu wirausaha adalah orang yang memiliki kemampuan melihat dan menilai kesempatan bisnis, mampu mengumpulkan sumber daya yang dibutuhkan agar bisa keuntungan, serta mengambil tindakan yang tepat guna memastikan kesuksesan.
Orang yang menjalankan kegiatan wirausaha disebut dengan wirausahawan. Orang tersebut bertanggung jawab untuk menyusun manajemen operasional dari keseluruhan proses kegiatan usaha. Mulai dari rencana usaha, proses produksi, keuangan hingga produk. Wirausahawan juga selayaknya mempunyai kemampuan untuk berfikir kritis, kreatif, mampu memahami konsumen dan trend pasar. Agar bisnisnya bisa berkembang dan bertahan di tengah banyaknya kompetitor dan perubahan zaman.

Contoh Wirausawan Sukses dengan Bisnis Kekinian

Setelah memahami apa itu wirausaha dan kewirausahaan, berikut ini contoh mereka yang sukses menjalankan bisnis. Agar kamu bersemangat memulai bisnis dan bisa belajar dari kesuksesan orang lain.

1. Rizka Wahyu Romadhona-Lapis Bogor Sangkuriang

Rizka Wahyu Romadhona adalah pendiri Lapis Bogor Sangkuriang yang terkenal menjadi oleh-oleh khas Bogor. Kue kekinian ini mudah diterima oleh masyarakat karena rasanya enak, banyak pilihan rasa, mudah dibawa sebagai oleh-oleh dan tentu saja harganya bersahabat. Dulunya Rizka adalah karyawan perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia. Dia memutuskan keluar dari perusahaan dan memutuskan untuk membangun usaha sendiri.

2. Eugenie Patricia-Puyo Dessert

Puyo Dessert merupakan bisnis makanan kekinian yang ternyata berkembang pesat. Eugenie Patricia membangun usahanya dari nol. Rata-rata konsumen menyukai tekstur lembut dan rasa manis dari Puyo Dessert. Puyo diperkenalkan kepada masyarakat melalui media sosial hingga memiliki cabang di banyak kota di Indonesia. Jadi pengetahuan mengenai pemaasaran digital sangat penting untuk bisnis.

3. Charina Prinandita-Eatlah

Charina Prinandita adalah pendiri brand Eatlah yang memilih target konsumen para anak muda kekinian. Eatlah sendiri sudah berdiri sejak tahun 2016 dan memiliki banyak cabang di beberapa kota besar. Selain konsep makanan kekinian, Eatlah juga menggunakan kemasan ramah lingkungan. Eatlah banyak menggunakan aplikasi online sebagai platform yang banyak digunakan anak muda.

4. James Prananto-Kopi Kenangan

Ketika kopi menjadi hits dan digemari masyarakat, James Prananto mengambil kesempatan ini untuk membuat Kopi Kenangan. Dia membangun bersama dua rekannya, Cynthia Chaerunnisa dan Edward Tirtanata. Memiliki cita rasa kopi susu yang segar dan nikmat, nama Kopi Kenangan mulai dikenal dan digemari para pecinta kopi. Popularitasnya terus meningkat hingga saat ini kopi kenangan instan bisa ditemui di minimarket. Kesuksesan Kopi Kenangan menarik minat investor startup besar. Salah satunya dari Arrive, platform pencarian dana yang dikelola oleh Roc Nation, perusahaan milik Jay Z.

5. Amanda Cole-Sayurbox

Sayur Box termasuk bisnis kekinian yang menyediakan sayur segar secara online. Amanda Cole bahkan masuk ke dalam Forbes 30 Under 30 kategori Industry, Manufacturing & Energy di tahun 2019. Berangkat dari niat memberi akses pasar bagi petani lokal Indonesia, Sayur Box telah mendapatkan pendanaan seri C senilai 120 juta Dolar AS atau setara Rp1,7 triliun dari Northstar dan Alpha JWC Ventures.

Kamu memahami apa itu wirausaha dan melihat beberapa contoh wirausaha yang sukses, pasti kamu bisa lebih yakin untuk memulai bisnis. Sebelumnya, simak tips berikut ini agar bisnismu berjalan lebih baik dan menghasilkan profit.

Tips Sukses Menjadi Wirausaha

1. Jalankan Bisnis Sesuai Apa yang Kamu Sukai

Pada dasarnya kita akan lebih bersemangat dan sepenuh hati ketika melakukan apa yang kita sukai. Jadi, cari tahu apa yang menjadi hobi atau apa yang menarik minat kamu. Jangan memaksakan diri menjalankan bisnis yang tidak kamu sukai karena sedang hits atau tampaknya mudah. Kalau sudah memahami apa itu wirausaha, pasti kamu tahu bahwa bisnis bukan ajang agar terlihat keren atau karena disuruh. Bisnis membutuhkan kedisiplinan yang tinggi. Akan lebih mudah jika kamu menjalankan bisnis sesuai dengan minat.

2. Fokus Pada Satu Peluang

Ketika kamu mencari referensi ide bisnis, pasti muncul banyak inspirasi yang sepertinya mudah dijalankan. Diantara semua ide yang muncul, fokuslah pada satu hal dulu. Membangun bisnis tidaklah mudah dan tidak bisa instan. Apalagi kalau dari nol dan kamu seorang pemula. Jika ada kegagalan dan hambatan, itu adalah hal yang wajar. Jangan dulu tergiur berganti bisnis lain, tapi lakukanlah evaluasi dan terus tingkatkan bisnis yang kamu mulai.

3. Terbuka dan Mau Terus Belajar

Menjadi wirausahawan berarti kamu tidak boleh berhenti belajar. Belajar dari orang lain, belajar segala hal mengenai bisnis yang kamu jalankan, belajar ilmu bisnis serta mengikuti trend dan perkembangan teknologi. Belajar adalah bagian penting agar kamu bisa beradaptasi dengan perubahan dan melakukan inovasi. Kamu bisa belajar langsung dari mentor, mengikuti pelatihan offline atau mengambil kelas online.

4. Perencanaan yang Matang

Sebelum dan selama menjalankan bisnis, perencanaan yang matang adalah salah satu kunci kesuksean. Membuat rancangan bisnis membuat kamu tahu apa yang akan dilakukan saat ini dan di masa yang akan datang. Buatlah perencanaan keuangan, produksi, pemasaran hingga pengembangan bisnis.

5. Menggunakan Teknologi Masa Kini


Kecanggihan teknologi memudahkan kamu untuk mengatur dan menjalankan bisnis. Salah satunya ada kasir online. Rekomendasi kasir online terpercaya yang mudah digunakan adalah Posy Kasir Online. Tidak perlu ribet lagi mencatat transaksi dan berbagai macam dokumen lainnya. Bersama Posy, bisnismu akan lebih mudah dijalankan. Yuk, download Posy di sini!