Review atau ulasan dari pelanggan sangat penting untuk kemajuan restoran dan cafe yang kamu kelola. Ikuti sejumlah tips agar restoran dapat review yang bagus di Google.
Review terutama di Google kini menjadi acuan bagi pelanggan untuk memilih restoran. Calon pelanggan akan melihat rating atau bintang di Google untuk menentukan restoran. Semakin tinggi rating yang didapat, maka semakin besar peluang pelanggan datang ke restoranmu.
Selain itu, calon pelanggan juga akan membaca review dari pelanggan lain yang sudah pernah mencoba restoran tersebut. Semakin bagus ulasan yang diberikan, besar kemungkinan calon pelanggan akan memilih restoranmu.
Oleh karena itu, kamu perlu memberikan perhatian lebih terhadap review pelanggan agar restoranmu semakin ramai.
Berikut tips agar restoran dapat review yang bagus di Google.
1. Berikan pelayanan yang baik
Pelayanan merupakan salah satu penilaian penting dari pelanggan yang biasanya akan diulas di Google. Data menunjukkan kalau 70 persen pengunjung memberikan review negatif karena pelayanan yang kurang baik. Oleh sebab itu, restoranmu harus bisa memberikan pelayanan yang terbaik. Misalnya, menyapa tamu saat datang, memberikan pelayanan yang cepat, serta solusi jika pelanggan memiliki kesulitan.
2. Fokus pada makanan
Makanan adalah penilaian utama yang akan diberikan pelanggan di Google. Oleh karena itu, fokuslah pada rasa makanan dan penyajiannya. Pastikan makananmu diproses dari bahan yang baik, diolah dengan tepat, dan disajikan dengan menarik. Penyajian yang cantik akan membuat pelanggan tertarik untuk memfoto makananmu dan diulas Google maupun media sosial.
3. Menu yang tertata
Salah satu permasalahan yang kerap ditemui pelanggan adalah kesulitan memilih menu. Oleh karena itu, pemilik restoran perlu menyajikan menu dengan baik agar memudahkan pelanggan dalam memilih makanan. Studi juga menunjukkan bahwa 85 persen pengunjung memilih makanan karena foto yang menarik.
Lengkapi menu dengan keterangan makanan serta foto yang menarik. Kamu bisa menggunakan aplikasi Posy Resto untuk mengelola menu makanan dengan baik. Posy Resto dilengkapi dengan QR Menu serta food photography professional yang memudahkan kerja restoranmu. Download Posy Resto di sini.
4. Minta pelanggan berikan review
Jangan sungkan untuk meminta pelanggan memberikan review di Google setelah mereka makan di restoran. Selain itu, kamu juga bisa memberikan promo menarik jika pelanggan tersebut memberikan ulasan di Google. Misalnya, potongan harga untuk kedatangan berikutnya dan gratis minuman atau dessert.
5. Pembayaran yang lama
Proses pembayaran juga menjadi salah satu faktor penilaian pelanggan. Pastikan kamu memiliki proses pembayaran yang cepat dan tepat agar pelanggan puas. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi kasir Posy Resto untuk membantumu mempermudah proses pembayaran. Pelajari lebih lanjut tentang Posy Resto di sini.
Itulah sejumlah cara dan tips agar restoran dapat review bagus di Google. Jangan lupa jalin komunikasi baik dengan pelanggan dan sikapi review dengan bijak. Jika mendapatkan kritik jadikan itu sebagai bahan evaluasi agar restoranmu lebih baik. Simak tips mengelola restoran lainnya dengan baca artikel: Cara agar Restoran Lebih Ramai dan Banyak Pesanan