Blog

Cara Mengelola Toko Sembako agar Sukses dan Ramai

Kebutuhan masyarakat akan bahan-bahan pokok menjadikan toko sembako sebagai usaha yang menghasilkan laba. Meskipun sebagian orang menganggap bisnis ini memiliki margin keuntungan yang tidak tinggi, namun nyatanya, banyak pengusaha yang sukses dan bisa mengembangkan bisnisnya meski berjualan beras dan mie instan saja.

Agar bisa mengikuti jejak mereka, tentu harus memahami cara mengelola toko sembako agar sukses. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengelola toko agar terus berkembang dan sukses.

Menjadikan Toko Populer

Biarpun hanya berjualan kebutuhan pokok, sebisa mungkin buat tokomu populer atau dikenal masyarakat. Selain memasang spanduk nama agar mudah ditemukan, kamu juga bisa memberikan ciri khas, seperti cat yang mencolok atau gambar mural di dinding toko.

Lalu, agar masyarakat terus mengingat tokomu, coba mulai teratur untuk mengupdate situasi tokomu di sosial media. Misalnya status WhatsApp, Instagram hingga TikTok.

Isi update-an ini tidak harus selalu berupa diskon loh. Namun bisa juga memberikan highlight produk tertentu hari itu, atau sekedar memberi tahu barang apa saja yang sudah restock. Membagikan pemandangan atau keadaan tokomu juga tidak ada salahnya.

Toko Tetap Berjalan Meskipun Banyak Pesaing

Meskipun banyak orang yang juga berjualan barang yang sama, namun kebutuhan bahan pokok yang tinggi membuat tokomu akan memiliki pelanggan. Bukan hanya pesaing offline yang harus kamu perhatikan, karena sekarang banyak juga yang berjualan sembako di ranah online.

Kemudahan berbelanja secara online sering sekali membuat pembeli berpaling dari toko offline. Agar bisa bersaing dengan pedagang sembako online, kamu bisa bergabung dengan aplikasi pesan antar dan e-commerce. Dengan kemudahan akses belanja pelanggan, tokomu bisa bersaing dengan pedagang online sambil tetap berjualan offline.

Toko Selalu Memuaskan

Pembeli yang diperlakukan seperti raja dan merasa puas akan pelayananmu, akhirnya akan menjadi pelanggan tetap. Biasanya, pelanggan akan puas jika barang yang diinginkannya itu selalu tersedia. Pelayanan yang cepat dan penjual yang ramah juga akan membuat pelangganmu senang.

Banyak pengusaha tidak tahu, bahwa pelayanan pelanggan yang baik ini selalu didukung oleh kemampuan pengaturan stok barang yang baik. Kalau kamu mengatur stocking barang dengan baik, mengetahui jumlah dan tata letaknya, maka hal ini akan mempermudah kamu dan pegawai toko untuk melayani pembeli dengan cepat.

Toko Mendapatkan Untung yang Optimal

Salah satu tantangan menjual sembako adalah pemerintah mematok harga pasaran dan margin yang tidak terlalu besar. Namun nyatanya, karena kuantitas pembelian tinggi, pedagang sembako tetap memiliki untung yang banyak. Keuntungan optimal bisa didapat jika mendapatkan supplier yang memiliki harga murah. Sebab, dengan modal jualan yang rendah, kamu bisa mematok harga standar pasar.

Pastikan juga kamu bisa mengelola stok produk agar tidak ada yang kadaluarsa, sehingga meminimalisir kerugian. Lalu untuk mendapat keuntungan yang optimal, kamu perlu memberikan pelayanan maksimal untuk pembeli. Kepuasan pembeli akan membuatnya datang berulang, sehingga frekuensi penjualan akan tinggi.

Beberapa hal di atas bisa dilakukan untuk memaksimalkan untung pada bisnismu. Selain itu, toko bisa beroperasi secara optimal jika pembukuannya dilakukan dengan baik. Pembukuan yang teratur akan memudahkanmu mengawasi arus barang yang keluar masuk, sehingga bisa memantau laba dan rugi yang didapatkan.

Jika toko ini sudah sukses, kamu bisa mengembangkan usaha sembakomu loh. Lihat yuk caranya di sini: Cara Mengembangkan Usaha Sembako agar Maju.