Selain karakteristik pengguna, setiap media sosial juga memiliki tipe konten yang berbeda-beda. Kamu dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan promosi maupun komunikasi restoran.
Berikut daftar media sosial yang harus dimiliki restoran.
1. Instagram
Instagram merupakan media sosial yang memungkinkan pengguna membagikan konten berupa foto dan video. Setiap restoran di rekomendasikan untuk memiliki akun Instagram.
Umumnya pengguna akan mencari tahu mengenai menu dan suasana restoran melalui Instagram.
2. Facebook
Di Facebook, pengguna dapat membagikan foto, video, dan status berupa tulisan yang panjang. Restoran juga dapat mempertimbangkan untuk memiliki akun Facebook. Terutama, jika menargetkan pasar berusia 30-50 tahun.
Data menunjukkan saat ini pengguna Facebook di Indonesia 30,5% berusia 25-34 tahun dan 16,9% berusia 35-44 tahun.
Jika restoranmu menyasar Gen Z, kamu juga dapat mempertimbangkan untuk memiliki akun TikTok. Selain itu, kamu juga dapat bekerja sama dengan influencer untuk mempromosikan restoranmu.
4. WhatsApp
WhatsApp merupakan aplikasi pesan instan yang dapat memudahkan komunikasi restoran dengan pelanggan. Saat ini, pelanggan lebih cenderung menggunakan WhatsApp untuk mencari informasi secara langsung mengenai buka dan tutup restora serta melakukan reservasi.
Kamu juga dapat membagikan pesan promosi melalui WhatsApp.
Restoran juga dapat mempertimbangkan untuk memiliki Twitter. Media sosial ini memungkinkan pengguna membagikan cuitan singkat disertai foto dan video.
Itulah daftar media sosial yang harus dimiliki restoran beserta kegunaannya. Untuk mempermudah pengelolaan restoran, kamu dapat menggunakan sistem Posy Resto.
Posy Resto dilengkapi dengan fitur POS, manajemen meja, dan QR ordering yangd apat meningkatkan pelayanan, mengurangi kesalahan, dan mengoptimalkan kinjera restoran. Coba Posy Resto secara gratis di sini.
Simak juga tips bisnis restoran lainnya di Blog Posy.