Blog

Berbagai Ide Bisnis Frozen Food untuk Pemula

Saat ini salah satu peluang usaha yang sedang diminati adalah bisnis frozen food. Terlebih lagi hadirnya berbagai varian atau aneka jenis dari makanan beku tersebut. Selain itu, kebutuhan akan makanan yang cepat saji, praktis, dan tahan lama akan selalu ada.

Frozen food merupakan salah satu alternatif makanan instan yang praktis untuk dimasak, namun tetap memiliki cita rasa lezat dan bergizi tinggi. Cukup dimasak, seperti digoreng atau dikukus sebentar saja, olahan frozen food siap disantap. Makanan ini juga bisa dikirim ke lokasi yang cukup jauh, bahkan lintas kota atau lintas negara.

Bagi kamu yang ingin memulai bisnis frozen food, adapun beberapa hal yang perlu diketahui agar usaha berjalan lancar dan mendapatkan untung besar.

Rekomendasi Bisnis Frozen Food

Frozen food memang merupakan makanan olahan yang terbuat dari olahan bahan sapi atau ayam sehingga dibentuk dengan berbagai macam model dan disukai oleh semua orang mulai dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa. Jadi, dengan banyaknya minat orang tak heran banyak pula yang ingin mencoba bisnis frozen food.

Ada banyak sekali jenis produk makanan beku atau frozen food yang bisa dijadikan peluang bisnis. Apalagi bagi masyarakat yang tinggal di perkotaan, makanan ini cukup banyak dicari karena praktis dan mudah. Berikut ini beberapa rekomendasi bisnis frozen food:

Kebab

Makanan asal Turki ini bisa dijadikan bisnis frozen food, ada dua bahan yang perlu disiapkan, yaitu kulit kebab dan juga isiannya. Pilihan isian kebab ini juga biasanya cukup beragam, mulai dari daging hingga tambahan topping seperti keju atau lainnya. Perlu diketahui, proses pembekuan makanan beku ini memerlukan waktu 4 hari.

Dimsum

Selama beberapa tahun terakhir, makanan ini mulai populer di pasaran dalam bentuk frozen. Terlebih lagi di musim pandemik yang membuat orang banyak menghabiskan waktunya di rumah. Namun, Dimsum ini memiliki cukup banyak jenis. Salah satu jenis Dimsum yang mudah sekali dibuat yaitu Dimsum kukus. Biasanya, untuk bagian kulit menggunakan kulit pangsit kemudian diisi dengan berbagai campuran isian.

Cireng Bumbu Rujak

Produk cireng memang memiliki cita rasa khas yang lezat saat dimakan. Olahan ini juga menjadi salah satu rekomendasi untuk bisnis frozen food. Kamu juga bisa menjalankannya dari rumah dengan modal kecil terlebih dahulu dan menjualnya secara online. Bahan yang dibutuhkan pun sangat mudah ditemukan mulai dari tahu putih, tepung sagu, garam, daun bawang, bawang putih, dan bahan lainnya. Sementara itu, bumbu rujak bisa dibuat dari cabai rawit, bawang putih goreng, gula merah, daun jeruk, asam jawa, dan garam.

Nugget

Rekomendasi frozen food selanjutnya adalah nugget. Makanan ini menjadi salah satu andalan ibu-ibu sebagai asupan protein untuk keluarga. Nugget memang praktis, tinggal goreng untuk disajikan. Semua keluarga pun pasti suka dengan daging ayam olahan ini. Nugget buatan sendiri juga banyak diminati lho. Selain nugget ayam, bisa juga menambahkan tahu dan sayuran.

Chicken Wings

Rekomendasi frozen food yang tidak kalah enak dan populer adalah Chicken Wings. Sayap ayam ini disukai karena sangat lezat dengan kombinasi bumbunya yang meresap ke dalam ayam. Selain itu, bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya juga bisa jumpai di pasaran. Meski terdengar biasa ternyata ide jualan frozen food yang satu ini terbilang cukup menjanjikan untuk kedepannya.


Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Frozen Food

Sama seperti usaha lainnya, bisnis frozen food memiliki beberapa kelebihan dan kelemahan dalam operasionalnya. Lebih detailnya adalah sebagai berikut.

Kelebihan Bisnis Frozen Food

  • Mudah untuk memulai.
  • Mudah untuk dijalankan.
  • Modal awal yang terbilang murah.
  • Produk makanan lebih tahan lama.
  • Produk frozen food lebih banyak diminati di pasaran dibanding makanan mentah.

Kekurangan Bisnis Frozen Food

  • Cukup banyak pesaing dengan usaha serupa.
  • Tidak selalu ramai di pasaran. Mengingat produk ini memiliki masa simpan cukup lama, orang-orang cenderung membelinya untuk dijadikan sebagai stok di rumah. Jadi pembeli tidak selalu datang setiap harinya.
  • Ketergantungan dengan listrik dan mesin pendingin. Sehingga bila terjadi pemadaman untuk waktu lama, kualitas frozen food akan menurun. Salah satu solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi persoalan ini adalah dengan pengadaan genset.

Tips Menjalankan Bisnis Frozen Food

Agar bisnis frozen food sukses, terapkan beberapa strategi memulai bisnis makanan beku berikut:

1. Riset Kondisi Pasar

Saat meriset pasar, pebisnis harus mengulik area mana saja yang tertarik dengan olahan frozen dan mana yang tidak. Riset ini akan menentukan seberapa laku atau tidaknya produk jualan pebisnis nantinya.

2. Tentukan Jenis Produk Frozen Food

Berikutnya tips menjalankan bisnis frozen food, yaitu menentukan jenis produk yang akan dijual. Hal ini karena untuk menentukan jenis produk berbagai olahan makanan beku ini tentu merupakan langkah awal untuk memudahkan kamu menjalankan bisnis sehingga produk yang Anda jual banyak yang minati dan beli.

Tak hanya itu saja, tidak semua orang menyukai jenis olahan makanan beku ini. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu bisa memilih jenis makanan beku yang banyak disukai oleh orang seperti produk sosis, nugget, bakso, kentang goreng dan pastinya yang paling laku di pasaran serta banyak dicari orang.

3. Perhitungkan Modal Awal

Seusai menentukan jenis produk, hitunglah besaran modal awal yang diperlukan untuk memulai bisnis ini. Kalkulasikan kebutuhan apa saja yang perlu diikutsertakan dalam perhitungan modal awal. Selain itu, hitung juga biaya yang harus dikeluarkan apabila pebisnis menjalin kerjasama dengan pemasok atau vendor frozen food. Usahakan untuk menghitung modal awal serinci mungkin.

Baca jugaModal Usaha Toko Kelontong

4. Siapkan Peralatan Utama

Fokuskan modal yang dimiliki untuk membelanjakan peralatan dan perlengkapan primer terlebih dahulu. Misalnya mesin pendingin yang akan digunakan untuk menyimpan stok produk nantinya. Pada tahap ini, kamu dapat berinvestasi lebih mahal dengan membeli mesin pendingin yang memiliki kualitas terbaik. Meskipun harganya sedikit lebih mahal, namun peralatan seperti ini dapat menghindarkan berbagai hal yang tidak diinginkan, seperti mesin yang rusak sebelum masa depresiasinya tiba.

5. Perhatikan Pengemasan

Pengemasan menjadi hal yang tak kalah penting dalam menjalankan bisnis frozen food. Pengemasan yang baik jelas akan menunjang kualitas dari frozen food itu sendiri. Karenanya, pastikan untuk hanya menggunakan kemasan khusus yang memang didesain untuk makanan beku.

Pembungkus frozen food umumnya tidak memiliki pori-pori, sehingga udara dari luar tidak akan bisa masuk dan makanan pun bisa tahan lebih lama. Saat dikemas, frozen food perlu di vakum untuk mengeluarkan udara yang ada di dalam kemasan makanan beku tersebut.

6. Miliki Izin Edar Resmi

Karena bisnis frozen food berarti menjual produk konsumsi, makan sudah bisa dipastikan pebisnis wajib mengikuti regulasi yang ada guna menjamin produk yang dijual teruji aman dan layak konsumsi. Oleh karena itu, pastikan untuk mendaftarkan usaha ini dengan izin edar resmi dari instansi terkait, dalam hal ini BPOM. Selain aman, pengadaan izin resmi ini akan meningkatkan kepercayaan dan loyalitas konsumen atas produk makanan beku yang dijual. 


Aplikasi Kasir Online Posy Memudahkan untuk Memulai Bisnis Frozen Food 

Setelah mengetahui cara memulai bisnis frozen food, sebagai pemula akan ada banyak kegiatan operasional yang perlu ditangani sendiri tanpa bantuan karyawan lain. Kegiatan operasional ini meliputi pencatatan stok barang, laporan penjualan, dan lain sebagainya.

Agar pengelolaan operasional bisnis menjadi lebih mudah dan cepat, kamu bisa memanfaatkan aplikasi kasir online atau Point of Sale (POS) seperti Posy. Beberapa fitur yang tersedia di aplikasi ini meliputi fitur untuk mengelola inventaris toko, mengelola stok dan produk, laporan penjualan, dan monitor karyawan. Melalui aplikasi ini, kamu juga bisa langsung menambahkan produk lewat ponsel dengan praktis. Dari hasil data dan laporan penjualan yang disediakan oleh Posy, pemilik bisnis nantinya bisa melakukan analisa bisnis dan menentukan strategi pemasaran selanjutnya.


Saat ini, aplikasi Posy sudah tersedia di Google Play Store untuk pengguna smartphone Android. Fitur-fitur yang tersedia dalam aplikasi Posy sudah sangat lengkap dan bisa mendukung kegiatan operasional bisnis frozen food.