Blog

10 Cara Agar Dagangan Online Laris dan Sukses Bersaing

Tips Berbisnis
Menjalankan bisnis secara online memang bisa memberikan banyak kemudahan. Tapi, di satu sisi, persaingan usaha online juga cukup tinggi, sehingga banyak pebisnis online yang gagal menjual dagangannya sampai laku. Kalau Anda juga salah satu pebisnis online, penting untuk mengetahui bagaimana cara agar dagangan online laris.
Manajemen bisnis serta strategi promosi sangat mempengaruhi performa bisnis yang dijalankan. Kalau ingin bisnis tetap laris, tentunya harus diimbangi dengan strategi bisnis yang baik pula. Lalu, bagaimana cara agar dagangan online laris?

10 cara agar dagangan online laris

Setidaknya ada 10 langkah yang bisa dilakukan kalau ingin membuat usaha bisnis online jadi semakin laku. Berikut ini beberapa cara agar dagangan online laris yang bisa dicoba.

1. Pastikan produk yang dijual sesuai kebutuhan pasar

Kalau ingin barang jualan laku, pastikan produk-produk tersebut memang dibutuhkan oleh masyarakat. Dibandingkan sekadar menjual barang yang mengikuti tren sementara, akan lebih baik kalau barang yang dihadirkan mampu menjawab kebutuhan pasar.
Misalnya, karena banyak orang yang bekerja dari rumah alias Work From Home (WFH), kebutuhan untuk memiliki perabotan rumah yang nyaman semakin meningkat. Anda bisa mencoba memenuhi kebutuhan tersebut dengan menjual furnitur yang mendukung proses kerja dari rumah jadi lebih nyaman dan maksimal, seperti meja yang ketinggiannya bisa disesuaikan untuk posisi duduk maupun berdiri.

2. Pilih produk yang dibutuhkan banyak orang

Bukan cuma mempertimbangkan kebutuhan pasar, pertimbangkan juga seberapa luas pasar tersebut. Kalau barang yang dijual tidak bisa dipakai oleh masyarakat dari segala usia dan latar belakang, maka pelanggan Anda pun jadi lebih sedikit. Akibatnya, dagangan kurang bisa laku.
Cara agar dagangan online laris adalah menjual produk yang memang dibutuhkan oleh semua orang dari segala usia, domisili, dan latar belakang. Jangan menjual produk yang segmentasinya kecil, contohnya seperti tanaman hias yang biasanya hanya dibutuhkan sebagai hobi atau dekorasi saja.

3. Pasang foto produk yang berkualitas tinggi

Bagi pemilik bisnis rumahan sekalipun, dianjurkan untuk selalu memasang foto produk yang berkualitas tinggi. Kalau perlu, sewa jasa fotografer profesional untuk membuat hasil foto produk jadi lebih menarik.
Foto produk adalah hal pertama yang dilihat oleh pelanggan ketika mereka ingin mengenal produk yang Anda jual. Jika foto yang dipasang kurang baik, otomatis ketertarikan terhadap barang tersebut pun akan menurun.
Selain itu, karena pelanggan tidak bisa melihat kondisi barang secara langsung, mereka pasti akan lebih senang membeli produk dengan foto yang mendetail. Misalnya, kalau Anda berjualan pakaian, pastikan untuk menyertakan foto close up yang detail untuk bagian jahitan, kantong, serta kancing di pakaian tersebut.

4. Tetapkan harga yang bersaing

Salah satu cara agar dagangan online laris adalah menetapkan harga yang bersaing. Tentunya pelanggan akan lebih menyukai barang dengan harga yang lebih murah ketimbang di toko online lain. Sebelum menetapkan harga, sebaiknya lakukan riset terlebih dahulu.
Dari hasil riset, Anda bisa memutuskan berapa harga yang perlu ditetapkan untuk setiap produk dagangan. Ingat, meskipun harga yang lebih murah lebih diminati, tapi harga yang terlampau murah juga bisa menimbulkan keraguan di mata pelanggan karena mereka akan mencurigai produk tersebut sebagai produk yang berkualitas rendah. Jadi, meski murah, tapi tetap sesuaikan harga dengan standar dan kualitas pasar, ya.


5. Buat deskripsi produk yang menarik

Banyak pebisnis pemula yang mengira bahwa foto yang bagus saja cukup untuk menarik perhatian pelanggan. Padahal, selain dari foto, pelanggan juga butuh tahu lebih banyak tentang produk yang dijual lewat deskripsi produk. Itulah mengapa membuat deskripsi produk yang baik menjadi salah satu cara agar dagangan online laris.
Di deskripsi produk, Anda bisa menjelaskan tentang keunggulan produk yang dijual, bahan pembuatan produk, dan informasi lainnya. Sebagai contoh, jika berjualan produk perawatan kulit, maka pada bagian deskripsi produk Anda perlu menjelaskan tentang komposisi produk serta tanggal kedaluwarsanya.

6. Rutin melakukan promosi dan pasang iklan

Kalau ingin dagangan Anda dilirik oleh lebih banyak calon pelanggan, coba pertimbangkan untuk memasang iklan di media sosial atau e-commerce. Akan lebih baik lagi kalau iklan disertai dengan promo-promo menarik.
Memberikan promo seperti diskon atau cashback adalah cara agar dagangan online laris yang sangat efektif. Meskipun ada dua barang yang harganya sama, tapi pelanggan pasti akan lebih memilih barang yang sedang promo. Hal ini berkaitan erat dengan prinsip psikologi dalam strategi pemasaran.

7. Jaga hubungan baik dengan pelanggan

Cara agar dagangan online laris lainnya adalah memastikan hubungan baik dengan pelanggan tidak putus begitu saja. Hubungan dengan pelanggan tidak berhenti setelah mereka selesai melakukan transaksi. Untuk memastikan mereka tetap berbelanja di toko online Anda, penting untuk menjalin kedekatan dengan setiap pelanggan.
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga hubungan baik. Misalnya dengan rutin mengirimkan newsletter untuk menginfokan tentang adanya promosi tertentu. Contoh lainnya bisa juga lewat loyalty program, dimana pelanggan akan diberikan hadiah atau voucher belanja setiap kali mereka sudah melakukan transaksi sampai 10 kali.

8. Jualan di e-commerce supaya ada fitur gratis ongkir

Pembeli dagangan online lebih suka membeli di toko yang menyediakan fitur gratis ongkir. Sebagai pebisnis, Anda mungkin akan kewalahan kalau harus memberikan gratis ongkir untuk semua pembeli. Tapi, hal ini bisa diakali kalau Anda mendaftarkan bisnis ke e-commerce.
Salah satu kelebihan e-commerce adalah memberikan fitur gratis ongkir yang bisa diaktifkan secara mandiri oleh penjual. Ketika fitur tersebut diaktifkan, secara otomatis pembeli yang berbelanja di toko online Anda pun bisa melakukan check out tanpa harus membayar biaya ongkir.

9. Rutin mencatat data penjualan

Cara agar dagangan online laris yang berikutnya adalah rutin mencatat data penjualan. Data ini diperlukan agar Anda mendapatkan gambaran mengenai performa bisnis. Misalnya apa saja produk yang paling laris, mana yang paling tidak laris, kapan penjualan mengalami peningkatan, siapa yang paling banyak membeli produk, dan lain sebagainya.
Dari data ini, Anda bisa memprediksi performa bisnis ke depannya. Selain itu, data ini juga akan membantu Anda menentukan strategi pemasaran seperti apa yang perlu dilakukan. Data-data tersebut juga akan memberikan gambaran apa saja yang perlu dievaluasi dari strategi bisnis yang sudah dijalankan selama ini.

10. Menggunakan aplikasi kasir online Posy



Cara agar dagangan online laris yang terakhir adalah mulai memanfaatkan aplikasi kasir online. Aplikasi sejenis ini disebut juga sebagai aplikasi Point of Sale (POS) yang berfungsi untuk mencatat semua transaksi, stok barang, dan laporan penjualan setiap harinya tanpa harus dicatat secara manual.
Dengan menggunakan aplikasi POS, manajemen bisnis pasti akan jadi lebih baik. Tidak akan ada kesalahan pencatatan atau human error ketika menghitung data penjualan maupun pendapatan dan stok barang yang tersisa. Semuanya sudah tercatat secara otomatis dan Anda bisa melakukan evaluasi bisnis langsung dari laporan yang diberikan melalui aplikasi tersebut.
Saat ini, sudah ada banyak aplikasi POS yang bisa digunakan. Salah satu yang paling direkomendasikan untuk pebisnis online adalah Posy. Posy akan memudahkan Anda dalam melakukan kegiatan administrasi dan operasional (download di sini).
Di aplikasi ini, Anda bisa mendapatkan informasi mengenai laporan penjualan serta mencatat data pelanggan agar ke depannya bisa menjalin hubungan baik dengan mereka. Anda pun tidak perlu repot-repot merekrut tim khusus untuk mengelola operasional bisnis, karena semuanya bisa dikerjakan sendirian dengan memanfaatkan Posy.
Jadi, itulah cara agar dagangan online laris yang bisa dicoba. Segala cara-cara yang sudah disebutkan di atas akan lebih mudah dikerjakan kalau bisnis yang dijalankan sudah menggunakan aplikasi POS seperti Posy.