Blog

Berbisnis Dengan Digital Marketing

Tips Berbisnis
meningkatkan-bisnis-dengan-digital-marketing
Hadirnya digital marketing menjadi bagian penting bagi pelaku bisnis. Sebab, dengan menjalankan pemasaran secara online, kamu bisa menjangkau lebih banyak target pasar. Misalnya dengan cara mengunggah konten produk, menjalin hubungan baik dengan pelanggan, dan membuat iklan.

Digital marketing untuk bisnis bisa mendatangkan calon pelanggan lebih banyak dan efektif daripada cara konvensional. Dulu seorang pemilik bisnis harus menyebar brosur kepada banyak orang. Padahal belum tentu, mereka yang menerima brosur tertarik atau merupakan calon pelanggan potensial. Sedangkan pemasaran digital menyediakan iklan dan reach/jangkauan dengan target sangat spesifik sesuai dengan target pasar.

Strategi Digital Marketing

Berikut ini rekomendasi strategi pemasaran digital yang bisa kamu jalankan untuk mengembangkan bisnis. Kamu tidak harus menjalankan semua sekaligus. Pilihlan metode yang sesuai dengan bisnismu dan bisa dijalankan secara berkesinambungan. Sesuaikan juga dengan budget yang mampu disediakan, agar tidak lebih besar pengeluaran daripada pemasukan yang diperoleh.

Sosial Media Marketing

Media sosial mampu meningkatkan penjualan, mengarahkan lalu lintas menuju website, serta membangun merek atau brand bisnis. Berbagai media sosial yang bisa digunakan adalah Facebook, Instagram, TikTok, dan Twitter. Tidak perlu menggunakan semuanya sekaligus, gunakan media sosial yang cocok untuk bisnis kamu. Maksimalkan pembuatannya dengan konten yang menarik dan terus menjaga interaksi dengan followers.

Meningkatkan bisnis menggunakan media sosial sangat baik untuk membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan. Karena bisa berinteraksi melalui komen dan pesan yang masuk. Selain itu, bisa segera merespon dengan cepat pertanyaan atau keluhan pelanggan. Kamu juga bisa mendapatkan feedback positif maupun negatif yang bermanfaat untuk meningkatkan pelayanan dan kualitas produk.

Manfaat lain dari sosial media marketing adalah bisa menganalisa kompetitor. Buatlah daftar kompetitor dan analisis media sosial milik mereka. Beberapa poin yang bisa kamu analisis misalnya konten apa yang menarik dari kompetitor, keunggulan dan kelemahan produk, jenis promosi apa yang efektif dan bagaimana respon follower terhadap brand kompetitor. Hasil analisis ini kemudian digunakan untuk mengembangkan produk.

Content Marketing

Content marketing adalah meningkatkan bisnis dengan mempublikasi beragam konten, baik berupa artikel, video, infografis dan lainnya. Konten yang dihasilkan bertujuan untuk meningkatkan brand awareness, menjangkau lebih banyak audience, meningkatkan penjualan, meningkatkan traffic website dan sebagainya. Metode content marketing ini akan lebih maksimal hasilnya jika dipadukan dengan metode SEO.

Content marketing tidak dibuat asal dan sembarangan. Setiap konten yang diproduksi harus memiliki tujuan dan konsep yang jelas. Misalnya kamu memiliki bisnis persewaan baju pernikahan dan pesta. Tidak hanya memposting foto mengenai produk saja, namun sudah ada konsepnya. Misalnya, tujuan yang diinginkan adalah meningkatkan brand awareness, jenis konten yang akan dibuat berupa kolase foto.

Kemudian agar lebih bermakna ditambambahkan copywriting mengenai kesungguhan brand untuk membuat momen berharga pelanggan lebih berkesan dengan baju-baju yang cantik. Contoh kedua misalnya ingin membuat artikel mengenai brand. Tambahkan kata kunci (SEO) agar mudah ditemukan oleh pembaca.

Ingin tahu lebih banyak tentang content marketing?  Baca artikel berikut yuk: Cara Membuat Konten Bisnis Agar Penjualan Meningkat

Search Engine Optimization (SEO)

Search Engine Optimization (SEO) adalah strategi pemasaran yang memudahkan target pasar untuk menemukan website brand mesin pencari seperti Google. Ketika kamu mengetik kata kunci dan mencarinya di Google, aka nada banyak halaman yang muncul. Pasti tidak semua halaman akan kamu kunjungi bukan? Biasanya hanya halaman pertama atau artikel yang berada di urutan teratas saja. Nah, SEO ini membuat artikel atau websitemu bisa berada di halaman pertama bahkan masuk ke dalam 5 artikel teratas.

Agar bisa menerapkannya secara maksimal, kamu perlu mempelajari bagaimana cara penggunaan SEO. Selain itu juga terus mengikuti perkembangan algoritma Google dalam memilih artikel yang akan menjadi urutan teratas.

Berikut ini Langkah sederhana bagi kamu yang masih pemula untuk menerapkan SEO.
  • Riset keyword menggunakan tools seperti Neilpatel, Google Keyword Planner atau Semrush. Gunakan keyword yang sesuai dengan bisnismu dan banyak dicari orang.
  • Membuat internal link, yaitu link menuju halaman lain dari websitemu.
  • Membuat backlink, yaitu link yang menuju pada website lainnya.
  • Menggunakan tools untuk membantu menganalisis website seperti Google Analytics dan Google Search Console.

Email Marketing

Email marketing merupakan strategi pemasaran yang berfokus pada menjaga hubungan dengan pelanggan, terutama loyal customer. Selain itu email marketing juga digunakan untuk menjaga agar brand tetap diingat dan mendorong pelanggan untuk membeli lagi. Email marketing dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

Email Informasi

Email ini berisi informasi yang bermanfaat bagi pelanggan yang menerimanya. Misalnya berisi link menuju artikel tips, penjelasan produk, dan beragam artikel bermanfaat lainnya. Jadi, isi email marketing tidak melulu untuk menjual dan menawarkan promosi. Selingi dengan konten ringan.

Email Promosi

Email ini berisi promosi, misalnya diskon atau promo khusus yang sedang dijalankan oleh bisnismu. Melalui email promosi kamu juga bisa mengirimkan voucher khusus kepada loyal customer agar mereka membeli lagi. Bisa juga kepada pelanggan yang sudah lama aktif agar mereka membeli kembali.

Pay-Per-Click Advertising

Strategi berikutnya yaitu menggunakan iklan yang disebut dengan pay-per-click advertising (PPC). Merupakan model pemasaran di mana kamu harus membayar setiap iklan yang diklik oleh pelanggan. Biasanya iklan jenis ini ditampilkan di halaman Google menggunakan Google Ads. Tujuannya adalah menjadi urutan teratas ketika ada orang yang mengetik kata kunci. Sehingga, orang tersebut akan langsung menuju halaman website atau halaman e-commerce kamu.

Selain kelima strategi marketing online tersebut, ada satu strategi lagi yang tidak boleh kamu lewatkan karena efektif untuk mendongkrak penjualan. Strategi tersebut adalah Word of Mouth (WOM). Untuk penjelasan lengkapnya, baca artikel berikut ya: Word of Mouth Marketing, Strategi Jitu Tingkatkan Penjualan

Manfaat Digital Marketing untuk Bisnis

Pemasaran digital mampu menjangkau pasar yang lebih luas. Karena pengguna internet dan media sosial bahkan berada di pelosok desa. Promosi atau iklan bisa disebar kepada target pasar tanpa terbatas wilayah dan waktu.

Membantu Meningkatkan Penjualan

Jangkauan pasar yang lebih luas, pada akhirnya akan meningkatkan penjualan. Agar hasilnya maksimal, teruslah mempelajari teknik digital marketing yang cocok dan efisien. Karena dunia digital terus berkembang.

Membangun Hubungan Baik dengan Pelanggan

Adanya website dan media sosial menjadi media komunikasi yang cepat dan efektif dengan pelanggan. Dampaknya adalah hubungan baik tetap terjaga dan promosi lebih tepat sasaran.

Mendapatkan Data Akurat

Website dan media sosial memiliki insight yang mudah diakses dan update setiap hari. Data dari platform tersebut bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan penjualan dan mengembangkan bisnis. Misalnya menggunakan informasi mengenai audience untuk membuat layanan dan produk yang lebih sesuai.


Begitulah hal dasar mengenai cara meningkatkan bisnis dengan digital marketing serta manfaatnya. Adanya internet dan kecanggihan teknologi, sudah sepantasnya dimanfaatkan untuk meningkatkan bisnis. Berbagai aplikasi mempermudah manajemen dan proses menjalankan bisnis. Diantaranya adalah penggunaan Posy Kasir Online. Membuat pelayanan lebih cepat kepada pelanggan dan meminimalisir kesalahan. Biaya perawatan juga rendah karena berbentuk software dan mudah digunakan. Yuk, download Posy sekarang!