Blog

6 Cara untuk Membuat Konten Bisnis Agar Penjualan Meningkat

Tips Berbisnis
cara membuat konten bisnis
Dalam membangun brand awareness dan mempromosikan produk/jasa, tak jarang para pebisnis memanfaatkan platform atau media sosial seperti Instagram, Facebook atau TikTok. Oleh karena itu, banyak yang mencari tahu cara membuat konten. Sebab, konten yang menarik dan mampu menyampaikan pesan dengan baik berperan penting untuk memperkenalkan brand dan meningkatkan penjualan.

Namun, tidak semua orang mampu membuat konten bisnis yang dapat menarik perhatian. Suatu brand harus menyusun strategi perencanaan konten dengan matang, pengemasan cerita yang berkualitas, hingga eksekusi. Lantas, bagaimana cara membuat konten menarik? Mari simak penjelasannya di bawah ini.

Cara Membuat Konten

Berikut beberapa cara yang  bisa kamu ikuti untuk membuat konten yang menarik perhatian target pasar.

Tentukan Audiens

Menentukan siapakah target audiens kamu merupakan bagian penting supaya konten dapat disesuaikan sesuai usia target audiens. Konten marketing akan lebih menarik apabila konten bisnis tersebut mampu mendefinisikan audiens. Cara yang dapat dilakukan yaitu dengan memposisikan diri kamu sendiri sebagai audiens sehingga tahu apa yang mereka butuhkan.

Buat Perencanaan Konten

Membuat perencanaan konten bertujuan agar konten yang akan kamu buat menjadi lebih terstruktur, sehingga para audiens tidak merasa bosan saat membaca maupun menonton konten yang kamu bagikan. Semakin menarik dan unik konten, maka mereka akan semakin tertarik untuk mengulik bisnismu dan mengingat brandmu di benak mereka.

Repurpose Konten

Me-repurpose konten bisnis ini perlu dilakukan supaya informasi lama yang sebelumnya pernah ditampilkan bisa kamu tampilkan kembali dengan cara yang berbeda namun mengandung informasi yang sama. Hal tersebut dapat menjadi sesuatu yang menarik. Selain dapat menarik para audiens, proses ini dapat membantu kamu untuk menghemat waktu.

Gunakan Prinsip ATM

Prinsip ATM atau kepanjangan dari “Amati, Tiru, Modifikasi”. Prinsip ini dapat digunakan apabila kamu sedang kehabisan ide. Maksud dari prinsip ini bukan berarti kamu meniru sama persis, namun bisa menjadikan konten lain sebagai ide, kemudian memodifikasinya.

Tonjolkan Ciri Khas Brand

Brand kamu pasti punya sesuatu yang ingin ditonjolkan. Entah produk yang kamu tawarkan, promo menarik, after sales service dan lain sebagainya. Buatlah konten yang up to date dan juga unik yang akan menjadi ciri khas dari akun sosial mediamu.

Karena hal tersebut dapat membuat brand kamu menonjol dibanding konten-konten lain di sosial media. Tetapkan di awal topik yang relevan dengan bisnismu, kemudian kembangkan ide-ide segar dari topik tersebut.

Konsisten

Konsisten adalah kunci sukses untuk melakukan apapun. Konsistensi sangat penting agar audiens mengenal produk atau jasa bisnis kamu dengan mudah.

Cara Memanfaatkan Berbagai Platform Media Sosial

Saat ini, tingginya angka pengguna media sosial memberikan keuntungan tersendiri bagi para pelaku usaha. Melalui berbagai platform media sosial yang ada, kamu bisa saja memanfaatkan media sosial untuk melakukan pemasaran produk atau jasa dengan lebih efisien, mudah dan murah, hal ini dilakukan guna untuk dapat meningkatkan penjualan bisnis.

Berikut cara memanfaatkan berbagai platform media sosial untuk bisnis.

1. Buat Komitmen

Mengelola media sosial sebuah bisnis online bisa jadi hal yang menantang dan membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Sebelum mulai pengelolaan, pastikan semua anggota tim pengelola menjadikan pekerjaan ini sebagai prioritas. Komitmen ini adalah pengingat untuk anggota tim bahwa tanggung jawab mereka besar karena kanal marketing adalah jembatan bagi para konsumen untuk datang ke bisnis online Anda. Sembari meningkatkan komitmen, pelajari juga digital marketing lebih dalam dengan membaca artikel ini yuk: Strategi Digital Marketing untuk Mengembangkan Bisnis

2. Tentukan Tujuan

Buatlah strategi dengan tujuan jelas dan terukur keberhasilannya. Jangan mengelola media sosial tanpa rencana dan tujuan jelas. Pikirkan bagaimana dengan memanfaatkan kanal marketing ini, kamu dapat menciptakan branding sekaligus meningkatkan brand awareness produk. Tingkat keberhasilan dari strategi kamu harus terukur agar lebih mudah ketika melakukan evaluasi. Buatlah tujuan yang menantang, tetapi tetap mungkin untuk dicapai.

3. Buat Kalender Konten

Banyak perusahaan yang belum sepenuhnya mengerti bahwa media sosial adalah sebuah kanal marketing mandiri. Mengelola kanal marketing ini tidak bisa asal posting jika ingin membentuk komunitas konsumen yang aktif dan loyal. Buatlah jadwal konten yang menyeluruh dalam kurun waktu tertentu. kamu juga perlu merencanakan kapan konten harus dirilis dan di kanal yang mana.

4. Buatlah Konten yang Menarik

Pemilik bisnis online dituntut untuk selalu kreatif dalam menyediakan konten bisnis agar bisa menarik perhatian orang-orang di jejaring sosial. Konten marketing yang tersebar di jejaring sosial banyak jumlahnya, kamu harus punya konten bisnis yang segar dan kreatif untuk bisa menonjol di antara pesaing-pesaing.

Meningkatkan brand awareness dapat dilakukan dengan berbagai cara. Tentukan lah strategi yang tepat agar dapat benar-benar membantu bisnis berkembang untuk jangka panjang.

Dalam prosesnya, jangan lupa selalu menentukan biaya dan mencatat pengeluaran untuk menjalankan strategi meningkatkan brand awareness sehingga kamu dapat mengontrol pengeluaran dan menganalisis keberhasilan strategi sesuai dengan biaya yang dikeluarkan.

Untuk mempermudah kamu dalam mengelola keuangan bisnis, termasuk pencatatan pengeluaran pemasaran, gunakan aplikasi kasir online, seperti Posy. Manfaatkan juga aplikasi Posy untuk membantumu mencatat dan mengelola berbagai macam faktur untuk transaksi seperti faktur penjualan dan pembelian. Yuk, download Posy sekarang!