Blog

6 Cara untuk Membuat Konten Bisnis Agar Penjualan Meningkat

Tips Berbisnis
cara membuat konten bisnis
Dalam membangun brand awareness, tak jarang para pebisnis memanfaatkan platform atau media sosial yang tengah menjadi daya tarik konsumen seperti Instagram, Facebook atau TikTok. Untuk itu, tak heran banyak orang yang berlomba-lomba membuat konten bisnis yang menarik.

Namun, tidak semua orang mampu membuat konten bisnis yang dapat menarik perhatian. Suatu brand harus menyusun strategi perencanaan konten dengan matang, pengemasan cerita yang berkualitas, hingga eksekusi. Lantas, bagaimana cara memanfaatkan berbagai platform media sosial untuk membuat konten bisnis yang menarik? Mari simak penjelasannya di bawah ini.

Cara Memanfaatkan Berbagai Platform Media Sosial

Saat ini, tingginya angka pengguna media sosial memberikan keuntungan tersendiri bagi para pelaku usaha. Melalui berbagai platform media sosial yang ada, kamu bisa saja memanfaatkan media sosial untuk melakukan pemasaran produk atau jasa dengan lebih efisien, mudah dan murah, hal ini dilakukan guna untuk dapat meningkatkan penjualan bisnis.

Berikut cara memanfaatkan berbagai platform media sosial untuk bisnis.

1. Buat Komitmen

Mengelola media sosial sebuah bisnis online bisa jadi hal yang menantang dan membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Sebelum mulai pengelolaan, pastikan semua anggota tim pengelola menjadikan pekerjaan ini sebagai prioritas. Komitmen ini adalah pengingat untuk anggota tim bahwa tanggung jawab mereka besar karena kanal marketing adalah jembatan bagi para konsumen untuk datang ke bisnis online Anda.

2. Tentukan Tujuan

Buatlah strategi dengan tujuan jelas dan terukur keberhasilannya. Jangan mengelola media sosial tanpa rencana dan tujuan jelas. Pikirkan bagaimana dengan memanfaatkan kanal marketing ini, kamu dapat menciptakan branding sekaligus meningkatkan brand awareness produk. Tingkat keberhasilan dari strategi kamu harus terukur agar lebih mudah ketika melakukan evaluasi. Buatlah tujuan yang menantang, tetapi tetap mungkin untuk dicapai.

Baca juga: 3 Cara Memakai Shopee Ads Untuk Meningkatkan Penjualan!

3. Buat Kalender Konten

Banyak perusahaan yang belum sepenuhnya mengerti bahwa media sosial adalah sebuah kanal marketing mandiri. Mengelola kanal marketing ini tidak bisa asal posting jika ingin membentuk komunitas konsumen yang aktif dan loyal. Buatlah jadwal konten yang menyeluruh dalam kurun waktu tertentu. kamu juga perlu merencanakan kapan konten harus dirilis dan di kanal yang mana.

4. Buatlah Konten yang Menarik

Pemilik bisnis online dituntut untuk selalu kreatif dalam menyediakan konten bisnis agar bisa menarik perhatian orang-orang di jejaring sosial. Konten marketing yang tersebar di jejaring sosial banyak jumlahnya, kamu harus punya konten bisnis yang segar dan kreatif untuk bisa menonjol di antara pesaing-pesaing.

Tips untuk Membuat Konten Bisnis yang Menarik

Sebuah konten bisnis tentu dapat memengaruhi konsumen untuk tertarik pada produk atau jasa yang ditawarkan. Oleh karena itu, diperlukan konten marketing yang baik supaya konsumen dapat tertarik.

Lalu, bagaimana cara supaya konten marketing yang kita buat dapat menarik perhatian konsumen? Dilansir Koin Works, simak strategi berikut ini!

1. Buat Perencanaan Konten

Membuat perencanaan konten tentu menjadi hal penting sebagai cara konten bisnis yang menarik. Perencanaan konten bisnis ini dilakukan supaya konten yang akan kamu buat menjadi lebih terstruktur sehingga para audiens tidak merasa bosan saat melihat.

2. Tentukan Audiens

Cara konten bisnis yang menarik selanjutnya adalah menentukan siapakah target audiens kamu, supaya konten yang akan dibuat bisa disesuaikan sesuai usia dari target audiens. Konten marketing akan lebih menarik apabila konten bisnis tersebut mampu mendefinisikan audiens. Cara yang dapat dilakukan yaitu dengan memposisikan diri kamu sendiri sebagai audiens sehingga tahu apa yang mereka butuhkan.

3. Repurpose Konten

Me-repurpose konten bisnis ini perlu dilakukan supaya informasi lama yang sebelumnya pernah ditampilkan bisa kamu tampilkan kembali dengan cara yang berbeda namun mengandung informasi yang sama. Hal tersebut dapat menjadi sesuatu yang menarik. Selain dapat menarik para audiens, re-purpose konten bisnis ini dapat membantu kamu untuk menghemat waktu.

Baca juga: 20 Bisnis Makanan Kekinian Yang Laris!

4. Gunakan Prinsip ATM

Prinsip ATM atau kepanjangan dari “Amati, Tiru, Modifikasi”. Prinsip ini dapat digunakan apabila kamu sedang kehabisan ide untuk membuat konten bisnis atau bosan dengan konten serupa yang dibuat. Maksud dari prinsip ini bukan berarti kamu meniru sama persis, namun bisa menjadikan konten bisnis lain sebagai ide membuat konten baru dari hasil pengamatan dan modifikasi.

5. Buat Konten Sesuai Ciri Khas Brand

Brand kamu pasti punya sesuatu yang ingin ditonjolkan. Entah produk yang kamu tawarkan, promo menarik, after sales service dan lain sebagainya. Buatlah konten-konten bisnis up to date dan juga unik yang akan menjadi ciri khas dari akun sosial mediamu.

Karena konten-konten bisnis tersebut dapat membuat brand kamu menonjol dibanding konten-konten lain di sosial media dan menarik perhatian audiens. Tetapkan di awal topik yang relevan dengan bisnismu, kemudian kembangkan ide-ide segar dari topik tersebut.

6. Konsisten

Konsisten adalah kunci tips konten bisnis agar menarik dan banyak dikenal orang. Konsisten dalam membuat konten bisnis ini penting guna membuat audiens mengenal produk atau jasa bisnis kamu dengan mudah.

Meningkatkan brand awareness dapat dilakukan dengan berbagai cara. Tentukan lah strategi membuat konten bisnis yang tepat agar dapat benar-benar membantu bisnis berkembang untuk jangka panjang.

Baca juga: Rekomendasi Franchise Kopi di Bawah 10 Juta!

Dalam prosesnya, jangan lupa selalu menentukan biaya dan mencatat pengeluaran untuk menjalankan strategi meningkatkan brand awareness sehingga kamu dapat mengontrol pengeluaran dan menganalisis keberhasilan strategi sesuai dengan biaya yang dikeluarkan.

Untuk mempermudah kamu dalam mengelola keuangan bisnis, termasuk pencatatan pengeluaran pemasaran, gunakan aplikasi kasir online, seperti Posy. Manfaatkan juga aplikasi Posy untuk membantumu mencatat dan mengelola berbagai macam faktur untuk transaksi seperti faktur penjualan dan pembelian. Yuk, download Posy sekarang!