Blog

Apa Itu Point of Sale dalam Bisnis? Simak Penjelasannya Di Sini

Produk
aplikasi-pos-adalah
Saat mendengar Point of Sale, mungkin kamu merasa istilah ini sangat asing dan seketika kamu mengernyitkan dahi. Apa sebenarnya Point of Sale itu? Berikut penjelasannya.

Apa Itu Point of Sale?

Secara sederhana aplikasi POS (Point of Sale) adalah aplikasi atau perangkat pembayaran yang digunakan oleh penjual/penyedia jasa dengan konsumen saat mereka melakukan transaksi sebuah produk, aplikasi ini bisa diinstal di gawai, tablet, atau biasanya berbentuk EDC (Electronic Data Capture).

Hadirnya POS memberi kemudahan baik bagi pebisnis maupun bagi pembeli saat melakukan transaksi. Keduanya tak perlu lagi melakukan pengecekan harga, seperti pemeriksaan nilai transaksi beserta kembalian, atau menulis bukti transaksi secara manual. Melalui POS, kedua belah pihak yang bertransaksi akan mengetahui apabila transaksi mereka berhasil sehingga tidak ada unsur tipu-menipu.

Ketika kamu hendak bertransaksi, maka kode batang (barcode) yang tertempel di barang yang pilih akan dipindai oleh sistem POS (atau EDC), dari situ akan muncul nominal harga yang perlu kamu bayar. Setelahnya, struk akan keluar sebagai bukti transaksi. Inilah yang merupakan aktivitas penggunaan POS dimana perhitungan barang tidak lagi dilakukan secara manual.
Kita bisa dengan mudah menemukan sistem pembayaran berbasis POS di pasar-pasar swalayan dan seiring semakin majunya zaman, tempat-tempat yang menggunakan POS sebagai basis transaksi pun melebar, mulai kafe, coffee shop, restoran, hingga usaha laundry.
Perkembangan teknologi yang lebih modern turut memengaruhi bentuk POS.

Baca juga: Aplikasi Kasir Online Terjangkau dan Terlenkap, Posy!

Semula POS hanya berbasis offline yang digunakan dengan mesin kasir dan rentan terhadap sejumlah kerusakan, kini ia telah berubah sepenuhnya ke bentuk digital yang bisa diakses kapan saja dan di mana saja. Sehingga kepraktisanlah yang bakal kamu dapatkan dengan menggunkan aplikasi POS digital.

Tak hanya itu, kini bisnis-bisnis yang mengombinasikan penggunaan POS dan perangkat lunak invoice online pun sudah banyak. Artinya mereka memandang aplikasi POS digital memberi kemudahan bagi perkembangan bisnis mereka sebab pebisnis bisa mengirim invoice online langsung kepada pelanggan sebelum mereka melakukan transaksi.

Perbandingan POS Tradisional dan Digital


Biaya

POS Tradisional : Butuh biaya tambahan untuk mengatur perangkat lunak POS di device dan juga tindakan perawatan berkala.
POS Digital : Menggunakan sistem pembayaran per bulan atau per tahun dengan menggunakan metode berlangganan. Semakin banyak pengguna, semakin besar biayanya.

Akses Data

POS Tradisional : Memerlukan hard disk sebagai penyimpanan data dan data hanya bisa diakses di device dengan lokasi yang terbatas semisal di kantor saja, atau di tempat kasir saja. Apabila hardisk eror atau rusak, maka data yang disimpan berpeluang hilang dan tidak bisa dikembalikan sebab tidak ada sistem pencadangan.
POS Digital : Mengakses data dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja selama perangkat yang kamu gunakan tersambung dengan internet. Kamu bisa memeriksa data sesukamu dan mengatur siapa saja yang dapat mengaksesnya. Ini memberi kepraktiskan apalagi ketika kamu sedang berada di tengah aktivitas yang padat.

Keamanan Data

POS Tradisional : Apabila terjadi gangguan sistem, terlebih bila sampai eror atau rusak, maka kemungkinan data hilang sangatlah besar, apalagi tidak ada back up otomatis. Kehilangan data bisa mengakibatkan kerugian yang tak kecil bagi bisnismu.
POS Digital : Memungkinkan pencadangan otomatis maupun berkala sehingga kamu tak perlu kuatir datamu hilang.

Fungsi Point of Sale Untuk Bisnis

Kamu mungkin penasaran terkait fungsi Point of Sale dalam dunia bisnis. Berikut penjelasannya:
  1. Memberikan data detail dan terperinci terkait transaksi yang telah dilakukan dalam periode/waktu tertentu. Sehingga kamu bisa tahu apa-apa yang sudah terjual dan yang belum tanpa perlu mengingatnya satu per satu.
  2. Berfungsi sebagai alat untuk memeriksa persediaan barang sehingga antara kamu dan karyawan bakal terhindar dari kecurangan.
  3. Laporan terkait transaksi penjualan barang/jasa yang kamu miliki dapat diperiksa dan dipantau kapan pun sehingga ini memudahkanmu mengawasi sirkulasi barang dan keuangan dari jauh.
  4. Saat kamu hendak mengubah harga barang/jasa karena perubahan ekonomi yang dipengaruhi nilai tukar dolar misal, kamu tak perlu repot-repot datang ke toko dan menulis ulang daftar harga yang sudah kamu tempel. Cukup satu menit kamu bisa mengubahnya dari gawaimu.
  5. Memudahkanmu memantau stok tiap barang yang kamu miliki atau berada di toko sehingga kamu bisa memesan barang yang stoknya sedikit/nyaris habis.
  6. Mempermudah cara transaksi dan memberi bukti berupa nota yang tak perlu repot-repot ditulis tangan. Sehingga transaksi bisa dilakukan lebih cepat dan akurat.

Posy Hadir Sebagai Kasir Online Yang Solutif

Posy merupakan aplikasi kasir atau point of sale yang akan memudahkan kamu dalam berbisnis. Dengan berbagai fitur lengkap, Anda dapat melacak perkembangan bisnis, pembayaran, dan kebutuhan lainnya melalui Posy. Selain kemudahan tersebut, berikut adalah keuntungan-keuntungan lain yang bakal kamu dapatkan.

Biaya Admin Terjangkau

Menggunakan aplikasi POSY sebagai kasir online tak lantas membuatmu dibayang-bayangi biaya admin yang mahal. Kamu hanya perlu merogoh kocek Rp. 59.000.000 untuk langganan sebulan. Rp. 129.000 per 3 bulan, atau kamu juga bisa memilih paket Rp. 239.000 per 6 bulan.

Fitur-fitur yang Bisa Kamu dapatkan

Menggunakan aplikasi Posy, kamu bisa mendapatkan kemudahan dengan fitur yang ditawarkan seperti android compatibility (mobile phone & tablet), barcode scanning, transaction processing, connect to bluetooth printer, product management, dan lain sebagainya yang dijamin bakal memberimu hal praktis dalam menjalankan bisnis.

Ukuran Aplikasi

Tiap kali kamu hendak menginstall aplikasi, salah satu hal yang ada di pikiranmu barangkali adalah seberapa besar aplikasi tersebut dan apakah ia akan memakan ruang banyak di memori gawaimu. Posy sendiri hanya berukuran 40 MB. Untuk aplikasi dengan ukuran sebesar itu, tentu tidak akan memakan ruang banyak dan sangat worth it apabila dibandingkan dengan keuntungan serta kemudahan yang bakal kamu dapatkan.

Nah sekarang Anda sudah membaca lengkap mengenai aplikasi POS (point of sale) yaitu Posy. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya.