Pelajari buku panduan untuk menggunakan fitur-fitur Posy Resto dengan mudah.
Unduh
Pemasangan printer untuk Posy Resto
Pelajari cara untuk mengatur printer untuk Posy Resto.
Unduh
Posy Resto
Posy Resto adalah sistem point-of-sale (POS) yang didesain khusus untuk restoran. Dengan berlangganan Posy Resto, kamu dapat mengakses fitur POS yang terintegrasi seperti Menu Digital, Manajemen Meja, Sistem Pembayaran yang lengkap dan Manajemen Multi-outlet.
Posy Resto dirancang untuk meningkatkan layanan, mengoptimalkan operasional, dan memaksimalkan keuntungan bisnis. Fitur Posy Resto dapat membantu kamu mengelola restoran dengan lebih mudah dan efisien.
Akses Posy Resto melalui dashboard.posy.tech. Kamu dapat membuat akun dengan klik tombol Sign up dan mengisi formulir pendaftaran singkat. Tim Posy Resto akan segera menghubungi kamu. Kamu dapat mencoba tanpa biaya selama 30 hari atau langsung memilih paket langganan
Kamu dapat mencoba seluruh fitur Posy Resto secara gratis selama 30 hari. Setelah itu, kamu dapat berlangganan Posy Resto mulai dari Rp3.500/hari. Tersedia beberapa paket harga yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Selengkapnya mengenai harga bisa dilihat di sini.
Penjelasan lengkap mengenai cara menggunakan Posy Resto dan fitur-fiturnya dapat dipelajari di buku manual Posy Resto di sini.
Tentu saja. Posy Resto menjamin keamanan data dari setiap pengguna.
Menu digital
Menu digital adalah fitur yang memungkinkan pelanggan melakukan pemesanan dengan mandiri secara online dengan memindai kode QR.
Menu digital memudahkan restoran dalam menerima dan memproses pesanan, mengurangi waktu tunggu memesan makanan, dan antrean di kasir. Dengan fitur ini, pelanggan dapat memesan menu dengan tiga langkah mudah: scan, pesan, dan bayar.
Pilih menu Setting, lalu klik General Setting, aktifkan toggle Automatic Generate QRMenu. Dengan mengaktifkan toggle Automatic Generate QR Menu, maka sistem akan secara otomatis membuat QR baru setiap kali membuat transaksi.
Sistem kami secara otomatis akan membuat QR baru yang unik untuk setiap transaksi. Kode QR dapat langsung digunakan. Pelanggan dapat dengan mudah untuk scan QR untuk masuk ke menu digital.
Tersedia jenis layanan Open Bill yang memungkinkan pelanggan untuk membuat order tanpa melakukan pembayaran terlebih dahulu. Pelanggan dapat melakukan pembayaran setelah selesai makan melalui menu digital atau membayar di kasir.
Menu digital kami menerima dua tipe pembayaran yaitu: 1. Online payment: QRIS dan kartu debit. 2. Pembayaran di kasir: tunai, EDC, E-Wallet, dan QRIS.
Laporan
Fitur laporan adalah fitur yang memungkinkan kamu untuk mengakses laporan penjualan. Fitur ini akan menampilkan laporan penjualan secara detail yang terjadi dalam kurun waktu yang dipilih (maksimal 30 hari).
Untuk mengunduh laporan penjualan, pilih menu Report > Summary Report. Kemudian, klik tombol Download Report.
Layanan pesan antar
layanan pesan antar adalah fitur yang memungkinkan pelanggan memesan makanan secara online menggunakan sistem layanan pesan antar langsung dari link restoran. Posy Resto menawarkan bebas biaya komisi sehingga kamu dapat menghasilkan lebih banyak keuntungan.
Untuk mengaktifkan fitur layanan pesan antar, kamu perlu pinpoint lokasi outlet di My Restaurant. Kemudian, akses General Settings, kemudian aktifkan toggle Online Delivery.
Untuk mengatur ketersediaan menu pada layanan pesan antar, masuk ke Product > Product Outlet. Aktifkan toggle untuk Show Product dan Product Available.
Tentu saja! Kamu dapat mengelola dan menyaring semua transaksi dari berbagai kanal penjualan dengan memanfaatkan fitur Sales Type. Untuk melakukan ini, akses dashboard Posy Resto, lalu navigasikan ke Product > Sales Type. Di sana, kamu bisa membuat Sales Type baru dan menyesuaikan dengan kebutuhan.
Kamu dapat menetapkan harga yang berbeda untuk setiap kanal penjualan dengan mengatur Sales Type Fee dalam persentase. Sistem kami akan secara otomatis menyesuaikan harga produk pada masing-masing Sales Type berdasarkan harga standar dine-in.
Manajemen inventaris
Fitur manajemen inventaris adalah fitur yang memungkinkan kamu untuk melacak jumlah produk yang tersedia serta mendapatkan notifikasi saat stok menipis. Selain itu, Posy Resto juga menyediakan fitur Stock Opname untuk memudahkan kamu untuk melakukan perhitungan stok yang bisa digunakan langsung dari aplikasi atau import ke Excel.
Kamu dapat mengakses fitur Stock Opname pada menu Inventory > Stock Opname. Kemudian kamu dapat membuat stock opname dengan klik New Stock Opname, atau dengan Import file dari Excel.
Untuk menambahkan jumlah inventaris yang ada, kamu dapat memperbaharuinya dengan fitur Stock Opname atau dengan klik tombol adjustment (+) pada menu Inventory.
Tambahkan produk dan aktifkan pilihan Stock Alert dengan klik toggle yang tersedia.
Manajemen karyawan
Fitur manajemen karyawan adalah fitur yang memungkinkan pemilik atau manajer restoran mengelola peran karyawan dalam sistem Posy Resto. Fitur ini memudahkan operasional di restoran.
Posy Resto memiliki empat peran yang berbeda untuk memudahkan operasional di restoranmu. Terdapat peran owner, manager, cashier, dan waiter. Setiap peran memiliki fungsi yang berbeda.
Menambahkan staf baru dapat dilakukan pada menu Employee. Klik Create New Employee. Isi kelengkapan data staf seperti nama, email, peran staf, dan PIN yang digunakan untuk masuk ke dalam akun staf Posy Resto.
Kamu dapat mengubah peran suatu akun melalui menu Employee > Employee List. Lalu, klik Edit Employee.
Di Posy Resto tidak ada batasan jumlah pegawai untuk setiap peran sehingga kamu dapat menambahkan jumlah pegawai sesuai dengan kebutuhan restoran.
Kamu dapat melihat laporan shift harian di menu Employee > Shift History. Di halaman ini, kamu dapat melihat laporan shift setiap harinya, informasi mengenai jumlah transaksi, pengeluaran, item paling laku, dan shift yang paling menghasilkan.
Manajemen meja
Manajemen meja adalah fitur yang dapat membuat susunan meja di POS disesuaikan dengan kondisi nyata. Kamu dapat mengakses fitur manajemen meja melalui menu Setting > Area Management dan Setting > Table Management.
Fitur manajemen area adalah fitur yang memungkinkan kamu merancang peletakan meja di menu transaksi sesuai dengan kondisi di restoran. Dengan fitur ini, kamu dapat lebih mudah dan efisien dalam mengelola meja di restoran.
Kamu bisa membuat zonasi ruangan yang disesuaikan dengan letak meja di restoran kamu seperti lantai satu, lantai dua, dan outdoor.
Manajemen menu
Manajemen menu adalah fitur yang memungkinkan kamu untuk mengelola menu restoran dalam sistem POS dan menu digital.
Untuk menambah menu baru, klik Product > Master Product. Klik tombol Add New Product. Untuk mengedit menu, klik tombol edit. Kamu dapat mengubah nama dan foto atau menambahkan pilihan add on.
Untuk menambah kategori, pilih modul Product > Category. Untuk membuat kategori baru, klik Add New Category. Sedangkan untuk mengubah atau menghapus klik tombol edit atau delete.
Pilih menu yang ingin dimasukkan ke dalam transaksi. Kemudian, tentukan nilai diskon yang ingin diberikan dalam bentuk nominal (Rp) atau persentase (%). Setelah itu, isi kolom diskon dengan nominal diskon yang diberikan.
Pembayaran & keuangan
Pada sidebar transaction detail, klik menu payment dan klik tombol payment. Lalu, kamu dapat memilih metode pembayaran dan submit payment.
Kamu dapat mengecek saldo restoran pada menu Setting > Payment Integration.
Masuk ke menu Setting > Payment Integration klik tombol Register Bank Account. Lengkapi informasi rekening dan klik Save. Rekening bank akan diverifikasi 2-3 hari kerja.
Masuk ke menu Setting > Payment Integration. Lalu, klik tombol withdraw.
Waktu penarikan bervariasi dari 15 menit sampai satu jam dengan catatan penarikan berada dalam waktu operasional bank.
Setiap penarikan dana dari Owned Account akan dikenakan biaya Rp5.000. Sedangkan untuk Managed Account dikenakan biaya Rp0.
Perbedaan utamanya adalah dari kepemilikan akun. Owned Account adalah rekening yang beratas namakan Pintar Ventura Pertama. Kamu dapat langsung menggunakan Owned Account dengan tarif Rp5.000 setiap penarikan.
Sedangkan Managed Account adalah rekening yang beratas namakan perusahaan atau restoranmu. Saat memilih Managed Account, kamu perlu mengirimkan dokumen untuk proses registrasi yang akan memakan waktu 2-3 hari kerja. Biaya penarikan dari Managed Account adalah Rp0 per transaksi.
Perangkat
Kamu dapat menggunakan Posy Resto dengan perangkat apapun seperti komputer, laptop, tablet Android, dan tablet iOS.
Ya, kamu bisa menggunakan akun Posy Resto di lebih dari 1 perangkat
Tutorial lengkap menghubungkan perangkat dengan printer dapat dibaca di sini.
Sistem WebApp kami dapat mendeteksi printer yang sudah terdaftar pada perangkat.
Sistem tampilan dapur
Sistem tampilan dapur adalah teknologi digital yang menampilkan pesanan secara real-time di dapur. Fitur ini dapat meningkatkan efisiensi dan akurasi dalam pengelolaan pesanan. Sistem ini menggantikan metode tradisional yang menggunakan kertas, memastikan komunikasi yang lebih lancar antara pelayan dan juru masak.
Untuk mengakses sistem tampilan dapur, buka sidebar dan pilih opsi Kitchen Display.
Setiap transaksi dari POS akan langsung terlihat di sistem tampilan dapur. Kamu dapat mengubah status pesanan dari On Kitchen menjadi On Cooking dan Completed dengan sekali klik pada item menu yang sedang diproses. Untuk mengembalikan status ke kondisi semula, cukup lakukan klik dua kali pada item menu tersebut. Untuk menandai sebuah order sebagai selesai, lakukan klik dua kali pada judul tiketnya.
Ya, seluruh transaksi di sistem tampilan dapur akan ditampilkan dan diperbaharui secara real-time di sistem POS sehingga pelayan dapat mengantarkan makanan setelah pesanan selesai dibuat
Transaksi & order
Ya, kamu dapat mengatur service charge dan pajak pada menu Setting > Tax & Services > ubah pajak dan service charge > save.
Sistem kami akan secara otomatis menambahkan logo ke dalam struk. Logo restoran dapat diunggah pada menu Profile Restaurant dan unggah logo restoran.
Kamu dapat mengatur jenis transaksi yang ingin digunakan pada menu Setting > General Setting, lalu pilih open bill atau close bill.
Klik tombol delete kemudian pilih delete order, delete item, atau delete transactions pada menu delete. Seluruh transaksi yang dihapus akan direkap dalam menu Cancellation Order.
Kamu dapat mengelola transaksi yang sedang berjalan dengan klik transaksi. Kemudian, sistem akan menampilkan detail order di pesanan tersebut. Status pesanan dapat di-update dan akan secara langsung ter-update di Menu Digital pelanggan.
Seluruh transaksi yang sudah selesai dapat dilihat di menu History.
Untuk melakukan proses refund, klik transaksi yang diinginkan dan klik tombol refund. Untuk proses refund, kamu membutuhkan nomor PIN dari owner atau manager.
Kamu dapat menambah item di dalam transaksi yang berjalan dengan klik tombol Add New Order.
Kamu dapat mengakses seluruh total penjualan beserta dengan jenis item yang di pesan di menu Report. Pilih menu Sidebar > Report.
Butuh bantuan lainnya?
Jangan khawatir tim Posy Resto siap membantumu.
Hubungi Kami
Kelola Semua Outlet dalam Satu Platform Tanpa Biaya Tambahan
Buat profit melejit dengan beragam paket pilihan untuk bisnis F&B