Blog

Cara Memulai Usaha Grosir Sembako, Sukses dan Efisien

Tips Berbisnis
Bisnis yang menguntungkan adalah bisnis dengan produk yang selalu dibutuhkan orang setiap harinya. Usaha grosir sembako adalah salah satunya, menjual kebutuhan pokok yang tidak akan pernah sepi peminat. Beberapa produk seperti beras, gula, minyak goreng, dan telur dikonsumsi sehari-hari. Bahkan untuk tempat makan, kebutuhannya sangat besar setiap harinya. Namun, Namanya mennjalankan bisnis tidak cukup hanya menyediakan produk yang dibutuhkan, diperlukan Langkah-langkah lain agar bisnis sukses dan banyak pelanggan. Seperti manajemen baik dan promosi yang tepat.

Toko grosir sembako bisa dibuka dalam skala besar dan kecil. Hal ini bergantung pada modal yang dimiliki. Tidak masalah jika memang membuka toko kecil di awal usaha dengan modal kecil. Jika dilakukan dengan disiplin dan sungguh-sungguh pasti bisa menjadi bisnis yang semakin besar. Karena stok barangnya mudah didapatkan dan tidak tergantung pada musim. Jenis produknya juga tidak cepat basi atau bisa disimpan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Cara Memulai Toko Grosir Sembako

1. Riset Pasar

Sebelum membuka toko grosir sembako, lakukan riset pasar dengan teliti. Beberapa hal yang perlu kamu cari tahu adalah siapa target konsumen yang tepat, apa yang mereka butuhkan, dinamika permintaan produk-produk sembako, serta kompetitor. Data yang terkumpul akan membantu untuk membuat rancangan bisnis. Menentukan konsumen, produk apa yang akan kamu jual, berapa banyak membeli stok, serta strategi pemasaran yang tepat agar tidak kalah dengan kompetitor. Terutama jika ternyata sudah banyak usaha grosir sembako yang ada di sekitarmu.

2. Membuat Perencanaan Bisnis

Setelah mendapatkan beragam data, buatlah perencanaan usaha bisnis sembako dengan lengkap. Mulai dari perencanaan stok produk yang akan dijual, manajemen bisnis, pengelolaan keuangan serta metode promosi yang akan digunakan. Semua poin tersebut sangatlah penting agar bisnis berjalan dengan baik dan berkembang. Terutama dalam pengelolaan keuangan mulai dari jumlah modal dan pengaturan arus kas. Karena biasanya, kegagalan pengaturan keuangan berujung pada kegagalan bisnis.

3. Tentukan Tempat dan Display Produk

Usaha grosir sembako memang bisa dijalankan secara online dengan mengirim produk kepada palanggan. Namun, banyak juga customer yang membeli secara offline. Memilih tempat yang strategis akan membuat tokomu lebih mudah ditemukan dan menarik perhatian. Jika ada modal yang cukup, sewa tempat yang strategis untuk membuka toko. Tempat yang padat penduduk sangat cocok untuk membuka toko grosir sembako.
Jika tempat sudah tersedia, perhatikan juga display produk. Buatlah toko dengan display yang rapi dan memudahkan pelanggan memilih barang. Jaga kebersihan toko dan tempat penyimpanan produk. Karena yang dijual adalah produk makanan. Buatlah juga keterangan produk yang disertai dengan harga yang jelas. Agar pelanggan tidak ragu untuk membeli.

4. Promosi

Semua bisnis membutuhkan promosi yang tepat. Meskipun kamu membuka toko grosir sembako yang jelas dibutuhkan, kamu juga memiliki kompetitor. Agar orang-orang tahu dan tertarik membeli ditokomu, perlu adanya promosi. Misalnya membuat media sosial, toko online, dan membuat promo khusus diwaktu tertentu. Misalnya kamu memberikan diskon khusus awal tahun, harga grosir lebih murah, dan promo produk-produk tertentu. Pastikan meskipun memberikan promo tapi kamu tetap mendapatkan keuntungan ya.

Tips Memilih Distributor Secara Online

Agar usaha grosir sembako berjalan dengan lancar kamu perlu bekerjasama dengan distributor. Kerjasama yang baik menjamin stok selalu aman dan kamu mendapatkan harga terbaik. Distributor tetap juga membuat bisnis menjadi lebih efisien karena tidak perlu mengulang negosiasi, kualitas produk jelas dan mencari barang dengan cara pergi sendiri ke pasar. Distributor akan mengantar stok langsung ke toko. Berikut ini cara mencari grosir sembako online.

1. Riset

Riset tidak hanya berlaku untuk bisnis saja, tapi cara mencari grosir sembako online yang tepat juga butuh riset. Kumpulkan beberapa data mengenai distributor online dengan kriteria harga terjangkau, kualitas barang bagus dan pelayanannya baik. Riset bisa dilakukan secara online dengan mencari disitus resmi.

2. Ajukan Permohonan

Setelah memiliki info dan kontak yang bisa dihubungi, ajukanlah permohonan kerjasama. Kamu dianjurkan melakukan negosisiasi misalnya dengan menawar harga, membicarakan ongkos kirim, dan mekanisme Kerjasama yang saling menguntungkan lainnya. Pilihlah distributor yang memberikan harga dan pelayanan terbaik.

3. Jangan Ragu Berganti Distributor

Jika distributor yang kamu ajak Kerjasama ternyata kurang baik pelayanannya atau produknya, jangan ragu untuk mencari distributor lainnya. Hal ini wajar terutama jika usaha grosir sembako baru dijalankan.

Keuntungan Bisnis Sembako

Usaha grosir sembako memang menarik minat banyak orang, karena bisnis ini menjanjikan. Keuntungan bisnis semabko yang bisa kamu peroleh diantaranya adalah:

1. Peluang usaha selamanya

Komoditas yang dijual adalah kebutuhan pokok yang pasti memiliki pelanggan. Jadi bisnismu memiliki kemungkinan sangat besar bisa terus berjalan sampai kapanpun. Tidak tergantung pada trend sesaat saja.

2. Bisa buka online dan offline

Dengan adanya teknologi internet, bisnis semabko tidak terbatas hanya menjual barang di toko secara offline. Kamu juga bisa memasarkan secara online dan mengiirim barang ke seluruh Indonesia.

3. Cepat balik modal

Perputaran modalnya cepat karena setiap hari ada pembeli. Jadi bisnis grosir semabako merupakan bisnis yang sangat menguntungkan.
Toko grosir sembako menjanjikan untung melimpah namun juga bmembutuhkan manajemen stok yang teliti. Karena jenis produknya sangat beragam. Kamu perlu mengelola stok dengan cara mengelompokkan jenis produk, memisahkan stok baru dan lama, hingga membuat proyeksi stok barang. Tentunya kamu tidak ingin ada stok kosong dan tidak mengetahuinya. Data stok yang tidak teliti bisa menghambat jalannya usaha grosir sembako. Untuk memudahkan mengelola stok dan manajemen bisnis kamu bisa menggunakan Aplikasi Kasir Online Posy.

Dengan aplikasi yang sederhana dan mudah digunakan ini, bisnismu bisa lebih efisien dan ketersediaan stok selalu terjaga. Aplikasi Kasir Online Posy bisa diunduh melalui PlayStore dan diinstal digadget. Bisa dibuka kapan saja dan dimana saja. Ucapkan selamat tinggal pada pencatatan manual yang membingungkan.