Makanan di restoran sering dikomplain pelanggan? Bisa jadi restoranmu kerap melakukan kesalahan di dapur. Simak artikel ini untuk mengetahui kesalahan paling umum di dapur restoran.
Mengetahui kesalahan-kesalahan ini dapat membuatmu menghindari kesalahan yang sama. Selain itu, kesalahan-kesalahan ini sering kali dilakukan tanpa disadari.
Berikut 5 kesalahan paling umum di dapur restoran.
Bahan baku merupakan komponen penting di dapur restoran. Namun, sering kali restoran tidak menyimpan bahan baku dengan baik.
Setiap bahan baku memiliki kondisi penyimpanan yang berbeda-beda seperti sayuran, daging, dan bumbu masak. Tidak semua bahan baku harus disimpan di kulkas. Perhatikan kembali cara penyimpanan yang tepat untuk setiap bahan makanan.
Kesalahan dalam menyimpan bahan makanan dapat membuat bahan makanan cepat rusak atau tidak berkualitas. Hal ini dapat menimbulkan kerugian untuk restoran.
2. Tidak mempersiapkan bahan makanan
Selain penyimpanan, persiapan bahan makanan juga penting di restoran. Sering kali, juru masak di restoran tidak mempersiapkan bahan makanan sebelum diolah. Misalnya, memotong, menyiapkan sesuai porsi, dan sebagainya.
Kesalahan dalam mempersiapkan bahan makanan dapat membuat pelanggan menunggu makanan terlalu lama sehingga menurunkan kualitas layanan.
Sering kali juru masak di dapur restoran tidak memperhatikan kualitas bahan baku, alat masak, dan makanan yang sudah disiapkan. Padahal kualitas sangat penting dan menjadi penilaian utama pelanggan.
4. Tidak memperhatikan penataan makanan
Di era media sosial ini, penataan makanan atau plating sangat penting. Pelanggan akan mengambil foto makanan yang menarik dan membagikannya di media sosial mereka. Ini akan bermanfaat untuk promosi restoran.
Kesalahan lain yang juga sering dilakukan adalah salah membaca order yang masuk dari pelayan. Kesalahan order dapat menimbulkan kerugian besar bagi restoran karena harus mengulang kembali pembuatan makanan dan juga berhadapan dengan komplain pelanggan.
Untuk menghindari kesalahan ini, kamu dapat menggunakan sistem POS Posy Resto. Posy Resto dilengkapi dengan QR ordering yang dapat meminimalisir kesalahan dalam pemesanan dari pelanggan. Status pesanan juga akan langsung masuk ke dapur secara real-time.