Blog

20 Rekomendasi Bisnis Dari Rumah

Tips Berbisnis
Kecanggihan teknologi membuat batas waktu dan tempat semakin tidak terasa. Cukup bermodalkan gadget dengan akses internet yang baik, kitab isa menjelajah ke mana saja dan mendapatkan segala kebutuhan hidup. Kehadiran teknologi yang semakin canggih membuka peluang besar untuk kamu yang ingin menjadi wirausaha tanpa modal besar. Apalagi saat ini banyak pilihan bisnis tanpa modal besar yang tetap bisa menghasilkan keuntungan. Bisnis dari rumah bisa dimulai oleh siapa saja, termasuk kamu.
Penting Kamu Lakukan Sebelum Memulai Usaha dari Rumah
Meskipun dibilang mudah membangun usaha dari rumah, kamu tetap harus melakukan persiapan yang matang. Karena di luar sana banyak orang yang juga memulai bisnis dan menjadi saingan atau competitor bisnis kamu. Bahkan Ketika bisnis dari rumah yang kamu jalankan benar-benar baru, tetap membutuhkan strategi agar mendapatkan konsumen.

1. Riset Kebutuhan Konsumen

Ketika akan memulai bisnis kamu pasti sudah memiliki ide produk yang menurutmu bagus dan pasti akan laku dipasaran. Tapi, sebelum merealisasikan ide tersebut lakukan riset terlebih dahulu. Apa yang sebenarnya dibutuhkan dan diinginkan oleh konsumen. Ide bisnis dari rumah yang akan kamu jalankan bisa menjawab permasalahan apa?

2. Riset Kompetitor

Riset competitor juga penting agar bisnis dari rumah yang kamu jalankan sukses. Produk atau jasa seperti apa yang ditawarkan kompetitor dan bagaimana mereka melakukan promosi. Amati, Tiru, Modifikasi (ATM) bisa kamu lakukan untuk mengembangkan produk.

3. Perencanaan yang Matang

Buatlah perencanaan yang matang untuk usaha dari rumah yang akan kamu jalankan. Misalnya kamu membuat peta bisnis model canvas, membuat rencana keuangan, rencana pengembangan produk serta metode pemasaran yang akan digunakan.

4. Melek Digital

Bisnis dari rumah sarat dengan pengetahuan dan kemampuan digital. Jadi perbanyak belajar mengenai perkembangan teknologi digital dan pamasaran online ya. Misalnya kamu belajar optimasi media sosial, membuat konten bahkan membuat iklan di Google atau facebook.
Setelah melakukan persiapan matang untuk memulai usaha dari rumah, berikut ini beberapa ide bisnis yang bisa menjadi inspirasi kamu.

20 Ide Bisnis Dari Rumah Mudah dan Cuan

1. Menjadi Reseller atau Dropshipper

Bisnis dari rumah ini tergolong mudah dan hamper tidak mebutuhkan modal besar untuk memulai. Kamu cukup menyediakan gadget dan paket data untuk melakukan promosi produk. Sebagai droshipper kamu tinggal meneruskan kepada produsen ketika ada pembeli.

2. Berjualan Pulsa dan Jasa Pembayaran Online

Pulsa dan jasa pembayaran online sangat dbutuhkan terutama di desa atau daerah dengan penduduk yang belum banyak memiliki gadget dan menggunakan internet. Setiap bulan pasti setiap rumah harus membayar tagihan listrik dan air. Belum taguhan lain seperti kredit dan BPJS Kesehatan. Hal ini bisa menjadi peluang bisnis dari rumah untuk kamu jalankan. Modalnya tidak besar. Kamu cukup memilih aplikasi yang sesuai untuk melakukan beragam transaksi.

3. Bimbingan Belajar

Bagi kamu yang bisa dan suka megajar, membuka bimbingan belajar atau les untuk anak-anak di lingkungan tempat tinggal juga bisa menghasilkan cuan. Kamu bisa dating ke rumah para murid atau membuka kelas di rumah.

4. Berjualan Camilan

Camilan atau makanan ringan disukai semua orang. Kamu bisa membeli snack kiloan dan melakukan repacking. Snack dengan kemasan kecil bisa dijual di rumah, dititipkan ke warung-warung dan dijual online dari rumah. Modalnya tidak perlu besar dan resikonya kecil karena camilan tidak cepat basi.

5. Bisnis Kuliner

Buat kamu yang suka dan jago masak, bisnis kuliner bisa dijalankan dari rumah. Terutama dengan adanya aplikasi pesan antar makanan yang bisa 24 jam. Membuat kamu bisa membuka toko dengan jam yang lebih fleksiblel dan menjalankan usaha dari rumah saja.

6. Programmer Lepas

Programmer adalah profesi seseorang yang pekerjaannya menulis kode bahasa pemrograman baik itu yang berkaitan dengan pengembangan suatu website atau pun aplikasi internet berbasis web. Menjadi programmer tidak harus selalu berada di kantor. Kamu bisa menjadi programmer lepas yang bekerja dari rumah. Bahkan jika kamu tidak memiliki basic pendidika programmer, kamu bisa belajar terlebih dahulu baru kemudian membuka usaha di rumah jasa pembuatan website.

7. Jasa Desain Grafis

Jika kamu memiliki kemampuan desain grafis, buat portofolio yang bisa diakses secara online dan buka jasa yang bisa dikerjakan dari rumah. Kamu bisa mencari klien dengan membuat akun pada platform freelancer atau bekerja secara lepas pada agensi.

8. Jasa Penulis Lepas

Hobi menulis bisa menghasilkan cuan dan ide bisnis dari rumah. Jadikan keahlianmu menulis menjadi bisnis. Carilah informasi mengenai freelance menulis dan belajarlah megenai blog, SEO, copywriter dan Teknik-teknik penulisan yang banyak dibutuhkan jasanya saat ini.

9. Jasa Penerjemah

Menjadi penerjemah merupakan bisnis dari rumah yang akan terus dibutuhkan. Manfaatkanlah kemampuan bahasamu dengan menjadi penerjemah.

10. Thrift Shop atau Pakaian Bekas

Thrift Shop sedang diminati saat ini. Seiring dengan berkembangnya bisnis pakaian bekas, peminatnya juga semakin banyak. Orang bisa menddapatkan baju bermerk dan berkualitas dengan harga yang lebih murah.

11. Bisnis Laundry

Kalau memiliki modal yang cukup, kamu bisa membuka laundry sebagai usaha dari rumah. Banyak orang yang membutuhkan jasa laundry. Meskipun kompetitornya juga banyak, dengan pemasaran yang tepat bisnismu tetap akan bisa sukses.

12. Kreasi Mahar, Hantaran, Kado

Tuangkan kreativitasmu untuk untuk menambah penghasilan. Bisnis mahar, hantaran, dan kado bisa dijalankan dari rumah saja. Promosikan bisnismu melalui media sosial dan kembangkan kreativitas untuk membuat produk yang menarik.

13. Menjadi Agen Frozen Food

Makanan instan digemari karena mudah untuk dimasak. Tidak perlu meracik sendiri, orang bisa mendapatkan makanan enak. Menjadi agen frozen food adalah pilihan bisnis dari rumah yang bisa kamu jalankan.

14. Menjual Aksesori

Kalau kamu memiliki keahlian membuat pernak-pernik, seperti gelang, cincin, anting dan sebagainya, mulailah untuk menjual. Buatlah produk dengan ciri khas kamu sendiri dan berbeda dari produk lainnya.

15. Berjualan Bahan Pokok Online

Membuka toko kelontong tidak melulu harus offline dan punya tempat sendiri loh. Kamu bisa memasarkannya secara online. Apalagi kalua kamu tinggal di daerah penghasil bahan kebutuhan pokok seperti beras, gula dan sebagainya. Bisa mendapatkan harga yang jauh lebih murah karena langsung dari produsen.

16. Menjadi Influencer

Jangan sia-siakan hobi membuat konten yang kamu miliki. Buatlah konten dengan serius dan dapatkan uang dari iklan.

17. Membuka Channel YouTube

Ketika dilakukan dengan serius, membuat konten YouTube bisa masuk kategori bisnis dari rumah juga loh. Tidak hanya sekadar iseng, tapi kamu benar-benar membuat konten yang bagus dan belajar bagaimana caranya meningkatkan viewer dan follower.

18. Menjadi Editor Freelance

Menajdi editor tidak harus selalu berada di kantor. Banyak penerbit yang mencari editor freelance untuk bekerja di kantor mereka.

19. Jasa Membuat Gambar

Jika kamu bisa menggambar, buatlah jadi cuan dengan menjual jasa menggambar atau membuat sketsa. Bahkan kamu bisa meningkatkan keahlianmu dengan membuat komik atau menjadi illustrator.

20. Jasa Konsultan Online

Ketika sudah memiliki keahlian atau sudah menjadi professional, kamu bisa membuka jasa konsultasi online. Menjadi konsultan bisnis, konsultan hukum, psikologi dan sebagainya. Sesuai dengan keahlian professional kamu.



Banyak ya ide bisnis dari rumah yang bisa kamu jalankan. Apapun bisnisnya, supaya lebih rapi dan tertata kamu harus punya pembukuan keuangan, administratif dan operasional. Apalagi kalua bisnismu berhubungan dengan pengelolaan stok, banyak laporan penjualan, dan sudah memiliki karyawan. Posy menjadi pilihan untuk membantumu memanajement bisnis. Apliaksi kasir online Posy bisa dimanfaatkan untuk membuat catatan penjualan, catatan stok dan berbagai macam tugas administrasi. Kamu bisa lebih mudah menjalankan bisnis dari rumah.