Pemasaran merupakan hal vital untuk penjualan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Simak artikel ini untuk mengetahui hal-hal yang harus diperhatikan dalam pemasaran UMKM.
Strategi pemasaran merupakan langkah-langkah yang dilakukan untuk memasarkan produk atau jasa UMKM. Tujuan strategi pemasaran adalah untuk mempromosikan usaha sekaligus meningkatkan penjualan.
Nah, berikut hal-hal yang harus diperhatikan dalam pemasaran UMKM.
Baca juga: Langkah-Langkah Analisis Penjualan untuk UMKM
1. Planning atau perencanaan
Penting bagi UMKM untuk menyusun perencanaan pemasaran sebelum eksekusi. Perencanaan membantu untuk mempersiapkan agar strategi marketing berjalan dengan tepat dan mengantisipasi hal-hal yang tidka diinginkan.
2. Biaya yang digunakan
Setelah perencanaan, UMKM dapat menghitung biaya yang dibutuhkan untuk strategi pemasaran. Pastikan biaya untuk pemasaran sesuai dengan modal yang dimiliki. Hindari penggunaan pemasaran yang tidak sesuai dengan budget.
3. Media yang digunakan
Dalam strategi marketing, terdapat banyak media yang bisa digunakan. Mulai dari media sosial, televisi, radio, majalah, spandu, flyer, dan sebagainya. Pastikan kamu memilih media yang cocok untuk UMKM. Pemilihan media dapat disesuaikan dengan target pasar.
Baca juga: Tarif QRIS Naik, Pedagang Bisa Coba Aplikasi Ini Agar Tetap Untung
4. Layanan dan kualitas produk
Pemasaran akan berhubungan langsung dengan layanan dan kualitas produk yang didapatkan oleh pelanggan. Saat menjalankan pemasaran, pastikan juga layanan dan kualitas produk sesuai dengan yang dijanjikan.
Kamu bisa meningkatkan layanan dan kualitas produk dengan menggunakan aplikasi Posy. Download aplikasi Posy di sini.
5. Evaluasi
Setelah menjalani strategi pemasaran, penting untuk melakukan evaluasi secara berkala. Evaluasi berguna untuk mengetahui keberhasilan strategi yang dijalankan. Evaluasi juga membantumu menetapkan keputusan bisnis terkait UMKM.
Itulah hal-hal yang harus diperhatikan dalam pemasaran UMKM. Simak juga tips bisnis untuk UMKM lainnya di Blog Posy.
Strategi pemasaran merupakan langkah-langkah yang dilakukan untuk memasarkan produk atau jasa UMKM. Tujuan strategi pemasaran adalah untuk mempromosikan usaha sekaligus meningkatkan penjualan.
Nah, berikut hal-hal yang harus diperhatikan dalam pemasaran UMKM.
Baca juga: Langkah-Langkah Analisis Penjualan untuk UMKM
1. Planning atau perencanaan
Penting bagi UMKM untuk menyusun perencanaan pemasaran sebelum eksekusi. Perencanaan membantu untuk mempersiapkan agar strategi marketing berjalan dengan tepat dan mengantisipasi hal-hal yang tidka diinginkan.
2. Biaya yang digunakan
Setelah perencanaan, UMKM dapat menghitung biaya yang dibutuhkan untuk strategi pemasaran. Pastikan biaya untuk pemasaran sesuai dengan modal yang dimiliki. Hindari penggunaan pemasaran yang tidak sesuai dengan budget.
3. Media yang digunakan
Dalam strategi marketing, terdapat banyak media yang bisa digunakan. Mulai dari media sosial, televisi, radio, majalah, spandu, flyer, dan sebagainya. Pastikan kamu memilih media yang cocok untuk UMKM. Pemilihan media dapat disesuaikan dengan target pasar.
Baca juga: Tarif QRIS Naik, Pedagang Bisa Coba Aplikasi Ini Agar Tetap Untung
4. Layanan dan kualitas produk
Pemasaran akan berhubungan langsung dengan layanan dan kualitas produk yang didapatkan oleh pelanggan. Saat menjalankan pemasaran, pastikan juga layanan dan kualitas produk sesuai dengan yang dijanjikan.
Kamu bisa meningkatkan layanan dan kualitas produk dengan menggunakan aplikasi Posy. Download aplikasi Posy di sini.
5. Evaluasi
Setelah menjalani strategi pemasaran, penting untuk melakukan evaluasi secara berkala. Evaluasi berguna untuk mengetahui keberhasilan strategi yang dijalankan. Evaluasi juga membantumu menetapkan keputusan bisnis terkait UMKM.
Itulah hal-hal yang harus diperhatikan dalam pemasaran UMKM. Simak juga tips bisnis untuk UMKM lainnya di Blog Posy.