Blog

15 Ide Usaha untuk Ibu Rumah Tangga

Sebagai ibu rumah tangga, kamu tidak selalu harus bergantung pada pasangan secara finansial. Pasalnya, ada beragam usaha untuk ibu rumah tangga yang bisa kamu kembangkan untuk menambah pemasukan pribadi sekaligus berkontribusi pada pengeluaran di rumah tangga.

Usaha untuk ibu rumah tangga ini tak melulu harus bermodal besar, beberapa ide usaha rumahan ini nyatanya bisa dilakukan dengan modal yang terjangkau. Apalagi, jika kamu memiliki kemampuan dan kreativitas lebih, ada usaha rumahan yang bisa dilakukan hanya bermodalkan skill yang Moms miliki.

Lantas, apa saja usaha untuk ibu rumah tangga? Mari simak deretannya di bawah ini.

15 Jenis Usaha untuk Ibu Rumah Tangga

Perkembangan teknologi membuat usaha rumahan semakin mudah dilakukan. Tanpa perlu keluar rumah, kamu sudah bisa memasarkan produk yang dijual. Bahkan ada juga bisnis yang tidak perlu menyetok barang dagangan. Berikut jenis usaha untuk ibu rumah tangga yang bisa dilakukan:

1. Katering Makanan Sehat

Usaha untuk ibu rumah tangga yang bisa kamu coba adalah katering makanan sehat. Tren makanan sehat saat ini sedang naik daun. Banyak orang mulai memiliki kesadaran yang tinggi akan pentingnya memilih makanan sehat untuk kesehatan mereka. Makanan tanpa pengawet, MSG, dan pewarna menjadi makanan yang banyak dicari ibu-ibu muda untuk keluarga kecil mereka. Oleh karena itu, ini bisa menjadi peluang yang menjanjikan untuk menambah penghasilan.

Baca jugaIde Bisnis Frozen Food Terkini


2. Reseller Produk Kecantikan

Sebagai ibu rumah tangga, kamu juga tetap bisa mendapatkan penghasilan. Salah satunya dengan cara menjadi reseller produk kecantikan. Sudah banyak brand produk kecantikan yang membuat membership dan memberikan kesempatan siapa untuk menjadi reseller produk mereka. Dengan berjualan kosmetik atau skincare, kamu tidak perlu repot-repot memproduksi barang tersebut. Cukup lakukan strategi pemasaran yang tepat, maka kamu bisa mendapatkan penghasilan yang melimpah.

3. Aneka Jenis Kue

Usaha menjual aneka jenis kue cocok dilakukan oleh ibu rumah tangga. Kue yang dijual dapat berupa kue kering, kue tradisional, bolu, hingga kue-kue kekinian yang sedang ramai disukai pasar. Permintaan kue biasanya tinggi pada perayaan-perayaan khusus. Di samping modalnya yang tidak besar, kue dapat dijual dengan menerapkan sistem pre-order guna menghindari risiko kerugian. Ibu rumah tangga dapat menyasar relasi seperti tetangga, orang tua teman anak di sekolah, hingga teman kantor suami sebagai target konsumen.

4. Berjualan Makanan Beku (Frozen Food)

Menjual makanan beku atau frozen food bisa menjadi pilihan usaha untuk ibu rumah tangga yang menghasilkan uang. Setidaknya ada dua alasan yang membuat ibu rumah tangga bisa mendapatkan uang dari menjual frozen food. Pertama, kebutuhan masyarakat akan frozen food yang tinggi. Kedua ketersediaan barang yang melimpah dan banyak pilihan.
Karena usaha sampingan ibu rumah tangga ini bisa dilakukan secara langsung atau dijual online, semakin membuat ibu rumah tangga untuk mendapatkan penghasilan dari rumah. Karena banyak produk dan merek dari frozen food yang saat ini tersedia, kamu tinggal memilih yang cocok. Baik secara harga atau secara prosedur kerja sama.

5. Toko Kelontong

Usaha untuk ibu rumah tangga yang satu ini banyak dilakukan. Pekerjaan rumah dapat diselesaikan sekaligus menunggu pembeli datang ke toko kelontong. Kamu dapat memanfaatkan area depan rumah untuk membangun toko. Modal yang dibutuhkan pun tidak begitu besar. Sediakan bahan pokok saja terlebih dahulu.

Baca juga: Modal Usaha Toko Kelontong Terkini

6. Agen Asuransi

Agen asuransi bisa menjadi salah satu usaha untuk ibu rumah tangga modal kecil untung besar. Bahkan menjadi agen asuransi sebenarnya tidak membutuhkan modal. Pekerjaan yang dilakukan yaitu menawarkan asuransi kepada setiap calon nasabah agar membeli produk asuransi. Biasanya ibu rumah tangga memiliki kemampuan marketing dan komunikasi yang baik dalam berjualan, hal ini tentu saja sayang jika tidak dimanfaatkan. Agar kemampuan tersebut tidak sia-sia, ibu rumah tangga bisa bekerja menjadi agen asuransi dan menawarkannya di lingkungan terdekat terlebih dahulu.

7. Jasa Penulis Lepas (Freelance Writer)

Kemampuan ibu rumah tangga tidak melulu mengurus urusan domestik di rumah saja, ada juga seorang ibu yang memiliki kemampuan atau hobi menulis. Bagi ibu rumah tangga yang memiliki kondisi seperti ini, bisa mulai mencari lowongan pekerjaan untuk ibu rumah tangga dalam bidang menulis.
Saat ini, banyak perusahaan dan startup yang membutuhkan content writer untuk kebutuhan marketing dan promosi di blog yang bisa kamu manfaatkan sebagai pilihan usaha untuk ibu rumah tangga dengan jam kerja yang cukup fleksibel.

8. Jasa Guru Les

Banyak ibu rumah tangga yang sebelumnya memiliki pekerjaan sebagai guru. Namun, karena satu dan lain hal, pekerjaan tersebut mesti berhenti seiring tumbuhnya keluarga. Nah, jika hal ini dirasakan oleh kamu, tak ada salahnya untuk meneruskan pekerjaan tersebut dengan intensitas yang lebih fleksibel. Jasa guru les bisa membuat pemasukan bertambah di tengah pekerjaan utama sebagai ibu rumah tangga.

9. Membuat Kerajinan Tangan

Jika Moms bisa kerajinan tangan, tak ada salahnya untuk memanfaatkan keterampilan tersebut sebagai bisnis. Beberapa usaha dari produk kerajinan tangan yang banyak diminati antara lain buket bunga, hantaran pernikahan, kerajinan menghias mahar, membuat boneka kain, dan bentuk kerajinan tangan lainnya.

10. Content Creator

Menjadi seorang content creator juga merupakan salah satu usaha untuk ibu rumah tangga yang menghasilkan uang di tengah era digital saat ini. Tema content yang diusung tentu saja berkaitan dengan mengurus dan mengelola rumah. Ibu rumah tangga bisa membuat video content yang mengajari bagaimana cara memasak atau menyimpan makanan yang baik (food preparation).
Saat ini menjadi content creator telah menjadi usaha sampingan ibu rumah tangga tanpa modal, media yang digunakan bisa melalui Youtube, Instagram dan media sosial lainnya. Pemasukan yang didapatkan bisa berasal dari adsense atau kerjasama lain yang bisa menjadi salah satu cara mendapatkan penghasilan tambahan bagi kamu.

11. Minuman Sehat

Selain makanan, minuman sehat juga banyak dicari saat ini. Jika saat ini banyak pengusaha yang cenderung memusatkan bisnis pada coffee shop, tidak ada salahnya untuk mencoba berbisnis minuman sehat baik jamu kemasan maupun minuman yang terbuat dari bahan dan rempah-rempah tradisional yang menyehatkan. Minuman semacam ini banyak diminati.

12. Jual Produk Skin Care

Kamu bisa memulai mencoba bisnis kosmetik ini dengan modal kecil terlebih dahulu, karena saat ini potensi penghasilan besar yang didapat dari menjual produk kosmetik sangat menggiurkan.Kamu hanya perlu mencari agen penjual kosmetik terpercaya dan bisa diajak bekerja sama dalam memasarkan produk tersebut, lalu lakukan pemasaran di marketplace.

13. Jual Bumbu Siap Pakai

Bumbu siap pakai sangat dibutuhkan oleh ibu rumah tangga untuk keperluan memasak. Bagi yang menjadi ide bisnis yang laku setiap hari dan masih berkaitan dengan rumah tangga, bisa menjual bumbu-bumbu dapur siap pakai. Selain membuatnya untuk kebutuhan rumah sendiri, kamu bisa sekaligus menjadikannya sebagai bisnis yang menghasilkan.
Usaha untuk ibu rumah tangga ini jarang dilirik, karena asumsi bahwa setiap ibu rumah tangga bisa membuat bumbu sendiri. Namun, ada waktunya malas membuat bumbu atau tidak ada waktu cukup untuk memasak. Akhirnya, membeli bumbu siap pakai menjadi pilihan.

14. Bisnis Hampers

Usaha untuk ibu rumah tangga lainnya adalah bisnis hampers atau bisnis membuat bingkisan. Bingkisan yang dibuat bisa untuk acara ulang tahun anak, lamaran, hari besar keagamaan, pembuatan souvenir pernikahan, lahiran anak dan acara lainnya.

15. Jualan Pakaian Wanita

Ibu rumah tangga juga dapat menjalani usaha sampingan di bidang fashion dengan menjual pakaian wanita. Mulai dari daster, dress, tunik, kaos hingga hijab. Jika berniat menjalani usaha secara serius, dapat mendirikan brand dengan ciri khas dan karakter tersendiri.

Usaha untuk ibu rumah tangga satu ini dapat menyasar relasi terdekat sebagai permulaan untuk menjadi target pasarnya. Selain itu, ibu rumah tangga juga dapat memperluas pasarnya dengan berjualan secara online melalui media sosial dan e-commerce.


Rekomendasi Posy Dukung Usaha untuk Ibu Rumah Tangga

Itulah beberapa inspirasi usaha untuk ibu rumah tangga yang bisa kamu jalankan. Meskipun hanya menggunakan modal kecil, kamu tetap harus sungguh-sungguh menjalankan bisnis. Terutama dalam mengatur keuangan dan segala administrasinya. Sejak awal membuka bisnis harus jelas mengenai arus kas, catatan stok dan proses produksi yang dijalankan.



Agar bisa memudahkan memanajemen bisnis, kamu bisa mencoba menggunakan kasir online, seperti Posy. Melalui aplikasi ini, kamu juga bisa langsung menambahkan produk lewat ponsel dengan praktis. Dari hasil data dan laporan penjualan yang disediakan oleh Posy, pemilik bisnis nantinya bisa melakukan analisa bisnis dan menentukan strategi pemasaran selanjutnya.

Keuntungan menggunakan aplikasi point of sale seperti Posy juga bisa dirasakan dari kemudahan penggunaan aplikasi ini. Aplikasi Posy memiliki tampilan yang ramah, sehingga mudah digunakan tanpa membuat Anda jadi bingung. Posy juga sudah tersedia di Play Store pada ponsel berbasis Android, sehingga seluruh data bisa diakses hanya melalui ponsel saja.