Blog

5 Konsep Restoran dan Pelayanan yang Diberikan

Tips Berbisnis
Restoran memiliki konsep pelayanan yang berbeda-beda. Nah, apa saja konsep restoran? Simak artikel ini untuk mengetahui konsep restoran dan pelayanan yang diberikan.

Konsep restoran berarti hal-hal yang mendasari pelayanan dan operasional suatu restoran. Konsep restoran ini penting bagi pengelola restoran maupun pelanggan yang datang.

Dengan memiiliki konsep restoran, pengelola dapat memberikan pelayanan yang sesuai terhadap pelanggan. Begitu pula dengan tamu yang datang dapat memilih restoran sesuai dengan kebutuhannya.

Baca juga: Prosedur dan Langkah-Langkah Melayani Pelanggan di Restoran

Berikut konsep restoran dan pelayanan yang diberikan.

1. Fine dining

Fine dining merupakan jenis restoran yang memiliki gaya formal dan harga yang mahal. Tamu yang datang akan berpakaian rapi dan formal. Restoran ini menawarkan pelayanan yang eksklusif dan menyajikan menu yang mewah.

2. Casual dining

Casual dining merupakan jenis restoran yang bergaya santai dengan harga yang relatif sedang. Pada konsep restoran ini, pelayan langsung duduk di meja dan dilayani oleh pelanggan. Restoran ini cocok untuk bersantap bersama teman, kolega, dan keluarga.

Baca juga: Catat! Ini Peralatan yang Harus Ada di Dapur Restoran

3. Restoran cepat saji

Restoran cepat saji merupakan restoran yang menawarkan kecepatan dalam melayani pelanggan. Menu makanan umumnya disiapkan dengan cepat atau dalam hitungan menit. Pelanggan biasanya datang dan langsung memesan makanan ke kasir dan mendapatkan makanan saat itu juga.

4. Restoran fast casual

Konsep restoran ini merupakan perpaduan restoran cepat saji dan casual dining. Layanan restoran ini menggabungkan pelayanan di konter dan juga di meja. Kualitas makanan lebih baik dari makanan cepat saji, tapi lebih rendah dari restoran casual dining.

Baca juga: Ini Perbedaan Buffet dan Banquet dalam Pelayanan Restoran

5. Buffet

Buffet merupakan konsep restoran yang dikenal juga dengan nama all-you-can-eat. Artinya, makanan disajikan secara prasmanan sehingga pelanggan bisa mengambil sendiri makanan sebanyak yang mereka mau.

Untuk meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan, semua jenis restoran ini dapat menggunakan sistem POS Posy Resto.

Posy Resto dilengkapi dengan berbagai fitur yang dapat dipersonalisasi sehingga sesuai dengan kebutuhan restoran Anda. Tersedia, fitur digital menu, sistem pembayaran yang terintengrasi, manajemen meja, manajemen shift, dan multioutlet.

Akses ke semua fitur Posy Resto in secara gratis di sini.

Itulah beberapa konsep restoran dan pelayanan yang diberikan.

Simak juga tips dan informasi lain seputar restoran di Blog Posy.