Blog

15 Ide Bisnis Modal 50 Ribu yang Cocok untuk Pemula

Tips Berbisnis
Banyak orang ragu untuk mulai berbisnis karena keterbatasan modal. Padahal, sebetulnya bisnis yang dijalankan bisa saja disesuaikan dengan modal yang ada. Bahkan, saat ini ada juga bisnis modal 50 ribu yang bisa dilakukan oleh siapa saja dari rumah.
Kebanyakan opsi bisnis modal 50 ribu merupakan jenis bisnis online yang kegiatan usahanya bisa dilakukan dari rumah. Karena, dengan modal yang terbatas, Anda pasti tidak bisa menyewa toko ataupun gudang untuk melakukan bisnis secara offline.

15 Ide Bisnis Modal 50 Ribu

Meski masih pemula dan punya modal kecil, Anda tetap bisa menjalankan bisnis sendiri. Berikut ini beberapa ide bisnis modal 50 ribu yang bisa dicoba: 

1. Jasa Cuci Sepatu

Ide bisnis modal 50 ribu yang pertama adalah jasa cuci sepatu. Untuk mencuci sepatu, Anda tidak perlu membeli banyak peralatan, cukup membeli sabun khusus sepatu saja. Nantinya, Anda bisa menggunakan tenaga sendiri untuk mencuci sepatu tersebut. Oleh sebab itu, modal yang dibutuhkan tidaklah besar karena hanya digunakan untuk membeli sabun cuci sepatu.

2. Jasa Titip

Ada juga ide bisnis yang cukup populer saat ini, yaitu bisnis jasa titip atau yang sering disingkat menjadi jastip. Bisnis jastip dilakukan dengan menawarkan jasa untuk membeli suatu barang tertentu yang mungkin sulit diakses oleh pembeli. Misalnya jastip beli buku anak di bazar tertentu. Anda tidak perlu modal banyak untuk menjalankan bisnis jastip, karena biaya untuk membeli barang akan ditanggung oleh pembeli.

3. Jasa Tulis Artikel

Ide bisnis modal 50 ribu yang berikutnya adalah jasa penulisan artikel. Untuk memberikan jasa ini, Anda hanya perlu memastikan sudah memiliki laptop serta jaringan internet yang baik untuk berkomunikasi dengan klien atau pembeli. Untuk menjalankan bisnis ini, dibanding dengan modal uang, lebih banyak dibutuhkan modal berupa keterampilan menulis.

4. Jasa Cuci Baju Dan Setrika

Kalau tadi ada ide berupa jasa cuci sepatu, kenapa tidak sekalian menjual jasa cuci baju dan setrika? Sama seperti jasa cuci sepatu, untuk memulai bisnis ini, Anda hanya membutuhkan modal untuk membeli sabun cuci dan listrik. Ide bisnis ini cocok dilakukan oleh ibu rumah tangga di rumah yang sudah memiliki mesin cuci dan alat setrika di rumah.

5. Mengajar Kursus Online

Ada juga ide bisnis modal 50 ribu berupa jasa mengajar kursus secara online. Saat ini, baik anak-anak maupun orang dewasa sama-sama bisa mengikuti kursus secara online. Kalau Anda sudah punya keterampilan dan sertifikasi di bidang tertentu, maka bisa memulai bisnis jasa kursus online. Modal yang dibutuhkan hanya untuk membeli paket data internet saja.

6. Jualan Barang Bekas

Saat ini, thrift shopping sedang menjadi tren, khususnya di kalangan anak muda. Tren ini memberi peluang bagi pebisnis pemula untuk memulai usaha jualan barang-barang bekas layak pakai. Kebanyakan produk yang dijual di thrift store adalah baju, sepatu, dan barang-barang fashion lainnya. Karena barang yang dijual merupakan barang bekas, maka tidak diperlukan modal besar untuk memulainya.

7. Bisnis Dropship

Anda juga bisa memulai bisnis modal 50 ribu sebagai dropshipper. Dropship adalah metode bisnis yang dijalankan dengan menjadi perantara antara supplier dan pelanggan. Barang yang dijual sudah didapatkan langsung oleh supplier, sehingga tidak perlu repot-repot memasok barang sendiri. Barang yang dibeli pun akan dikirimkan langsung oleh supplier ke alamat pembeli. Jadi, modal seorang dropshipper tidaklah besar, cukup mempromosikan produk saja.

8. Bisnis Kue Rumahan

Gemar atau jago memasak? Anda mungkin bisa memilih bisnis modal 50 ribu dengan berjualan kue rumahan. Kue rumahan yang dimaksud contohnya seperti kue sus, pastel, risol, lemper, dan lain sebagainya. Kue-kue jenis ini bisa dibuat dengan mudah tanpa perlu modal besar. Anda juga tidak perlu membeli alat masak khusus untuk membuatnya.

9. Jasa Jahit Baju

Ide bisnis yang berikutnya adalah jasa menjahit baju. Jasa ini sebetulnya sangat dibutuhkan, karena tidak semua orang punya kemampuan untuk menjahit sendiri baju yang rusak. Untuk memulai jasa jahit baju tidak diperlukan modal yang besar. Tapi, tentunya Anda harus sudah memiliki modal lain berupa keterampilan menjahit.

10. Jasa Administrasi Media Sosial

Ide bisnis yang satu ini bisa dijalankan oleh siapa saja, bahkan bagi yang masih kuliah sekalipun. Anda bisa menyediakan jasa untuk mengelola akun media sosial dari toko online tertentu. Modal hanya dibutuhkan untuk membeli paket internet. Selama Anda tahu cara menggunakan media sosial, bisnis berupa jasa seperti ini pasti menjanjikan.

11. Bisnis Jual Gorengan

Bukan hanya menjual kue rumahan, berjualan gorengan juga bisa menjadi ide bisnis modal 50 ribu. Karena, ketika membuat gorengan, Anda hanya perlu modal kecil untuk membeli minyak, tepuk, serta bahan dasar makanan yang akan digoreng. Ide bisnis ini juga cukup menjanjikan karena kebanyakan masyarakat Indonesia suka mengonsumsi gorengan sebagai camilan.

12. Jasa Cuci Motor

Ada lagi ide bisnis modal 50 ribu yang juga bisa dilakukan dengan mudah di rumah, yaitu jasa cuci motor. Untuk memulai bisnis ini, Anda hanya perlu memastikan bahwa Anda sudah benar-benar memahami struktur dari motor sehingga tahu bagian mana saja yang perlu dibersihkan. Modal yang dibutuhkan tidak banyak, karena hanya dialokasikan untuk air dan membeli sabun cuci motor dan kain lap motor.

13. Jasa Desain

Selain jasa penulisan artikel dan jasa kelola media sosial, jasa desain juga bisa dijadikan ide bisnis modal 50 ribu. Selama Anda sudah memiliki laptop, ide bisnis ini bisa langsung dimulai kapan saja. Pastikan juga bahwa Anda benar-benar memiliki keterampilan untuk membuat desain supaya jasa yang diberikan bisa memuaskan pelanggan atau klien.

14. Bisnis Pre-Order

Pre-order adalah sistem pembelian yang dilakukan dengan membayar sejumlah uang muka di awal dan pelunasan dilakukan setelah barang dikirimkan. Biasanya, sistem pre-order ini dilakukan untuk penjualan barang yang jumlah stoknya terbatas, barang langka, atau barang impor. Anda bisa memanfaatkan ide bisnis untuk mulai usaha baru. Tidak diperlukan modal besar untuk memulai bisnis pre-order, karena biaya untuk membeli barang sudah ditanggung oleh pembeli.

15. Jasa Potong Rambut

Ide bisnis modal 50 ribu yang terakhir adalah jasa potong rambut. Secara khusus, Anda bisa menawarkan jasa ini untuk tetangga maupun kerabat dekat di sekitar tempat tinggal. Meski hanya dilakukan di rumah, tapi Anda tetap bisa menawarkan jasa potong rambut yang berkualitas. Modal awal hanya akan digunakan untuk membeli sabun cuci rambut dan peralatan potong rambut.

Baca juga: Butuh Kasir Online Yang Terjangkau dan Lenkap? Posy Jawabannya!

Aplikasi Kasir Online Untuk Bisnis Modal 50 Ribu

Jika sudah menentukan ide bisnis modal 50 ribu seperti apa yang akan dijalankan, waktunya untuk mulai mempertimbangkan memanfaatkan aplikasi Point of Sales (POS). POS adalah layanan kasir online yang bisa dimanfaatkan untuk mencatat segala transaksi, membuat laporan keuangan, mencatat data ketersediaan stok, menyimpan data pelanggan, dan lain sebagainya.
Salah satu aplikasi POS yang bisa dicoba adalah Posy. Posy merupakan layanan POS yang berbasis cloud, sehingga segala data yang tersimpan bisa diakses kembali kapan saja dan dimana saja.

Sebagai pebisnis baru dengan modal terbatas, Anda mungkin tidak bisa membayar jasa karyawan untuk mengerjakan operasional bisnis. Itulah mengapa Anda memerlukan Posy supaya segala hal administrasi dan operasional bisa Anda atur sendiri melalui satu aplikasi tanpa perlu khawatir risiko human error.