Blog

15 Rekomendasi Bisnis Modal Kecil Bagi Pemula

Tips Berbisnis
Perkembangan dunia usaha semakin pesat karena didukung oleh teknologi yang semakin canggih. Ditunjang dengan banyak kelas bisnis mulai dari kelas gratis hingga jutaan harganya. Kemudahan ini membuat peluang membangun bisnis dimiliki siapa saja, bahkan bisnis modal kecil sekalipun memiliki kesempatan untuk tumbuh besar. Modal memang penting namun, bukan satu-satunya kunci kesuksesan.

Bisnis merupakan suatu kegiatan yang dilakukan perorangan atau kelompok yang melakukan aktivitas produksi penjualan dan pembelian dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan. Selain mendapatkan keuntungan, banyak bisnis berangkat dari hobi dan keinginan untuk mengeskpresikan diri. Selain modal dibutuhkan kreativitas dan kegigihan untuk menjadikannya besar dan bermanfaat bagi banyak orang.

Membangun bisnis sendiri, selain untuk mendapatkan profit juga bisa menjadi tempat belajar untuk mandiri dan meningkatkan kreativitas. Kamu tidak terkungkung dengan perusahaan dan bisa lebih fleksible akan memilih komitmen kerja seperti apa. Setelah bisnis itu berkembang dan menjadi besar, bisnismu akan memberikan manfaat kepada banyak orang dengan menyediakan lapangan kerja.

Tips Membangun Bisnis Modal Kecil

Modal seringkali menjadi permasalahan bagi bara pengusaha baru. Modal kecil membuat banyak orang ragu dan pesimis untuk memulai bisnis. Padahal banyak kok ide bisnis modal kecil yang bisa dicoba. Kamu bisa memilih bisnis modal kecil yang sesuai dengan keinginan dan kemampuan. Selain itu lakukan riset pasar, apa yang dibutuhkan orang dan bisa menjadi peluang. Meskipun memulai dengan modal kecil, tetap buat perhitungan anggaran agar kamu tahu kebutuhan apa saja yang harus disiapkan dan mencatat setiap transaksi dengan rajin. Berikut ini inspirasi bisnis modal kecil untuk yang mudah dijalankan bahkan bagi pemula.

15 Ide Bisnis Modal Kecil untuk Pemula

1. Bisnis Makanan Ringan

Memulai bisnis makanan ringan tidak membutuhkan modal banyak. Kamu tinggal repacking menggunakan kemasan yang lebih kecil. Jual secara online, titip le warung atau sekolah-sekolah.

2. Dropshipper

Menjadi dropshipper adalah pilihan bisnis modal kecil yang bisa dilakukan siapa saja. Pilihlah produk yang akan kamu jual. Bisnis ini bermodalkan gadget dan layanan internet untuk mencari dan melayani pelanggan.

3. Makanan Pre Order

Makanan pre order membutuhkan modal yang lebih sedikit daripada bisnis makanan seperti biasa. Karena tidak ada makanan yang tersisa. Kamu hanya membuat produk sesuai pesanan saja.

4. Membuka Les privat

Keahlian mengajar yang kamu miliki merupakan modal besar untuk membuka les privat. Tidak perlu modal besar, kamu cukup memulai dengan masarkan jasa melalui media sosial atau langsung menawarkan kepada tetangga.

5. Menjual Kue Kering

Kelebihan kue kering daripada kue basah adalah masa simpannya yang lebih lama. Menjual kue kering termasuk bisnis modal kecil yang menguntungkan. Terutama menjelang hari raya Idulfitri.

6. Agen PPOB

Agen PPOB (Payment Point Online Banking) merupakan usaha modal kecil yang menyediakan jasa pembayaran tagihan PLN, PDAM, BPJS, pulsa dan beragam tagihan rutin lainnya.

7. Laundry

Jasa laundry banyak dibutuhkan terutama di lingkungan mahasiswa dan pekerja. Orang cenderung memilih laundry agar lebih praktis daripada mencuci baju sendiri. Laundry tergolong bisnis modal kecil dengan kisaran Rp 5 – Rp 10 juta. Jika belum bisa membayar pegawai bisnis ini bisa dijalankan sendiri atau bersama teman dengan membagi keuntungan.

8. Menjual Foto

Kamu hobi fotografi? Ternyata hasil jepretan kamera DSLR maupun HP yang kamu gunakan bisa menghasilkan uang loh. Caranya dengan menjual foto di situs digital misalnya istockphoto.com (komisi 15% per foto) dan shutterstock.com (komisi 20-30% per foto)

9. Menjadi Affiliate Online Shop

Affiliate sendiri adalah penjualan berbasis berbagi komisi. Prinsip kerja affiliate adalah membayar seseorang yang berhasil menjual barang atau jasa dari sebuah brand. Untuk menjalankan bisnis ini kamu tidak membutuhkan modal. Kamu cukup menjadi agen marketing dari produk tersebut.

10. Jasa Pembuatan Hampers

Bisnis jasa pembuatan hampers membutuhkan modal yang relative kecil. Kamu bisa memilih jenis barang yang akan dijadikan hampers sesuai keinginan dan kreativitas. Bisa berupa kosmetik, pakaian, makanan, aksesoris dan lain sebagainya. Dibutuhkan sekitar Rp 2 – Rp 3 juta untuk membeli aksesoris penghias hampers dan produknya.

11. Bisnis Aksesoris

Kalau suka membuat aksesoris, kamu bisa menjadikan hobi ini sebagai bisnis. Buatlah aksesoris yang menarik dan bermanfaat bagi orang lain. Inspirasi bisnis modal kecil ini bisa kamu lakukan di rumah atau menjadi sumber penghasilan tambahan.

12. Bisnis Minuman Kesehatan

Bisnis minuman Kesehatan buatan sendiri membutuhkan modal yang tidak banyak. Kamu bisa membuat aneka jus buah, jamu, atau racikan minuman sehat yang tetap enak dikonsumsi. Jual secara online maupun offline.

13. Menjual Sarapan

Bisnis modal kecil ini bisa kamu mulai dengan menata rumah atau halaman rumah untuk menjual menu sarapan. Kamu bisa memasarkannya secara offline dan online sekaligus.

14. Bisnis Frozen Food

Frozen food diminati karena praktis untuk dimasak dan disajikan. Produknya juga tidak segera basi seperti masakan karena bisa disimpan di dalam freezer. Inspirasi bisnis modal kecil ini sangat cocok bagi pemula karena tidak terlalu rumit dalam menjalankan usahanya.

15. Kaos Pre Order

Membuat kaos pre order cenderung lebih minim risiko dan modalnya lebih sedikit. Karena hanya membuat kaos berdasarkan pesanan. Buatlah media sosial sebagai portofolio bisnismu dan pasarkan kepada masyarakat luas.

Itulah beberapa inspirasi bisnis modal kecil yang bisa kamu jalankan. Meskipun hanya menggunakan modal kecil, kamu tetap harus sungguh-sungguh menjalankan bisnis. Terutama dalam mengatur keuangan dan segala administrasinya. Sejak awal membuka bisnis harus jelas mengenai arus kas, catatan stok dan proses produksi yang dijalankan. Agar bisa memudahkan memanajement bisnis, kamu bisa mencoba menggunakan kasir online.


Kasir online adalah layanan yang berfungsi untuk mencatat semua transaksi dalam bentuk digital. Memudahkan kamu mengatur dan melakukan pencatatan harian. Semua data bisa dengan mudah diakses melalui gadget atau telepon pintar. Tidak perlu mencatat secara manual lagi. Layanan kasir online yang mudah digunakan dan memiliki banyak fitur yang bermanfaat bagi bisnis adalah Posy Kasir Online. Membuat penjualanmu menjadi simple dan mudah. Posy bisa diunduh melalui Google Play, tampilanya ramah dan mudah digunakan oleh siapa saja.