Blog

20 Rekomendasi Bisnis di 2023

Tips Berbisnis
rekomendasi bisnis di 2023
Di tahun 2023, membuka bisnis menjadi pilihan banyak orang karena setelah pandemi, beberapa orang mulai menata ulang perekonomian dan mencoba untuk mendapatkan penghasilan tambahan sebanyak-banyaknya. Bagi kamu yang berencana untuk membuka bisnis, maka mulailah dari sekarang mencari peluang usaha yang tepat.

Dengan rekomendasi bisnis di 2023 ini, kamu bisa menambah penghasilan. Bisnisnya juga tak memerlukan modal yang besar. Dengan modal kecil saja, kamu bisa meraup keuntungan yang banyak, lho!

Rekomendasikan 20 Bisnis Baru yang Berpotensi Untung di 2023 Modal Kecil

Rekomendasi bisnis di 2023 tidak selalu membutuhkan modal besar. Kamu hanya perlu modal kecil tetapi mampu memanfaatkan sumber daya di sekitar untuk menjalankan bisnismu. Kalau bisnisnya berhasil, kamu akan mendapatkan keuntungan besar dari bisnis ini.

Apa saja rekomendasi bisnis di 2023 yang mampu menghasilkan keuntungan meski bermodal kecil? Dilansir Linkedin, simak daftarnya di bawah ini.

1. Bisnis Reseller

Rekomendasi bisnis di 2023 yang pertama adalah menjadi reseller. Kamu tidak perlu memikirkan modal untuk produksi, cukup melakukan pengadaan produk, pengiriman, dan promosinya. Barang yang dijual bisa beragam, tapi sesuaikan pula dengan kebutuhan target pasar. Kamu akan mendapatkan keuntungan besar dari bisnis reseller, asalkan tahu strategi yang tepat untuk menjalankannya.

2. Bisnis Tanaman Hias

Selama pandemi, usaha tanaman hias memang menunjukkan tren yang positif. Banyak orang membutuhkan hiburan di antara padatnya rutinitas pekerjaan. Apalagi, selama pandemi kebanyakan dari kita harus duduk berjam-jam di depan monitor untuk bekerja atau belajar.

Hal ini membuat bisnis tanaman hias kian makin diminati. Banyak pecinta tanaman hias dadakan yang menjadikannya sebagai hobi baru. Harga beberapa jenis tanaman pun naik tinggi! Ditambah lagi, beberapa waktu ke belakang bisnis tanaman hias sedang happening.

Hobi bercocok tanam dan berkebun nampaknya kini sudah menjadi kebiasaan baru masyarakat. Tentunya, tanaman hias menjadi rekomendasi bisnis di 2023 yang menjanjikan.

3. Bisnis Makanan Korea

Rekomendasi bisnis di 2023 selanjutnya adalah usaha makanan Korea. Demam K-wave di Indonesia tampaknya semakin kental terasa. Pasalnya, ada banyak usaha kuliner baru yang menjual makanan khas Korea. Mulai dari tteokbokki, kimchi, corndog, oden, kimbap, ramyeon, hingga dakbal. Jajanan khas Korea memang cukup bersahabat di lidah orang Indonesia dan memiliki cita rasa yang unik.

4. Financial Planner

Masyarakat Indonesia kini sadar akan pentingnya melek keuangan. Lewat jasa financial planner ini, kamu akan memandu klien dalam pengelolaan keuangan dan investasi agar tujuan finansialnya tercapai. Rekomendasi bisnis di 2023 yang satu ini juga tak perlu modal banyak, cukup tambah pengetahuanmu di bidang finansial dan investasi.

5. Katering Sehat

Bisnis kuliner erat kaitannya dengan bisnis modal kecil yang ramah pemula, contohnya katering sehat. Mengapa demikian? Karena setiap manusia tentunya membutuhkan makanan yang bergizi dan seimbang untuk menjaga kesehatan mereka. Sehat tidak harus mahal, artinya kamu dapat menyediakan catering 4 sehat 5 sempurna dengan kearifan lokal. Tawarkan menu yang bervariasi agar pelanggan tidak bosan dengan menu catering.

6. Bisnis Frozen Food

Bisnis frozen food atau menjual makanan beku sebenarnya sudah ada sejak lama. Namun, rekomendasi bisnis di 2023 ini semakin menjanjikan. Makanan beku dinilai lebih praktis, namun juga lebih bergizi ketimbang mie instan. Ada beberapa jenis makanan beku yang bisa jadi peluang usaha, seperti kebab frozen, nugget, bakso, fish stick, siomay, dimsum, dan masih banyak lagi.

7. Kerajinan Tangan

Kalau kamu punya keahlian di bidang ini, tidak ada salahnya untuk dijadikan sebagai rekomendasi bisnis di 2023. Kerajinan tangan ini bentuknya macam-macam, misalnya perangkai buket bunga di hari pernikahan. Modal yang dikeluarkan pun cukup ringan, tapi keuntungan yang dihasilkan tidak kalah besar untuk pebisnis pemula.

8. Affiliate Marketing

Jenis bisnis modal kecil ini adalah salah satu rekomendasi bisnis di 2023 yang dapat kamu coba. Sederhananya, affiliate marketing adalah sebuah usaha di mana kamu bekerja sama atau berafiliasi dengan perusahaan atau orang untuk mempromosikan produk mereka.

Bentuk promosinya ini dapat bermacam-macam. Misalnya, kamu bisa membuat promosi dalam bentuk video atau artikel pada blog. Karena kamu tidak perlu membeli produk mereka, dan dalam beberapa kasus kamu bahkan akan mendapatkan barang secara gratis untuk dicoba, ide usaha ini termasuk bisnis modal kecil.

9. Bisnis PPOB

Bisnis PPOB masih berjalan hingga sekarang, bahkan bisa ditawarkan melalui online. Rekomendasi bisnis di 2023 yang satu ini kamu menyediakan berbagai pembayaran tagihan untuk mereka yang tidak punya e-wallet atau mobile banking. Biaya administrasi yang ditarik dari setiap pembayaran akan menjadi keuntungan untukmu.

10. Makeup Artist

Punya keahlian dalam merias wajah? Ide menjadi makeup artist bisa menjadi rekomendasi bisnis di 2023 yang menjanjikan. Kamu bisa menekuni teknik merias wajah untuk pengantin, lamaran, perpisahan, atau untuk acara formal lainnya.

Kemudian, kamu bisa memanfaatkan media sosial seperti TikTok, Instagram, ataupun Facebook untuk memasarkan bisnis jasamu. Dengan begitu, kamu berkesempatan untuk mendapatkan klien dari berbagai daerah dan menghasilkan banyak uang.

Baca juga: 10 Rekomendasi Franchise Kopi Bermodalkan dibawah 10 Juta!

11. Jasa Titip

Bagi kamu yang gemar untuk jalan-jalan, rekomendasi bisnis di 2023 satu ini tentunya sangat cocok untuk dicoba. Cara kerja dari jasa titip ini juga relatif mudah. Kamu tinggal mengambil gambar dari sebuah produk yang ditemukan dan bagikan pada orang-orang melalui sosial media.

Kamu juga bisa menawarkan tetanggamu untuk menitipkan belanjaannya padamu. Kamu dapat meminta daftar belanjaan dan uangnya. Bahkan, dapat mematok berapa biaya jasa yang kamu harapkan.

12. Admin Media Sosial

Akun media sosial adalah salah satu rekomendasi bisnis di 2023 yang cukup menjanjikan. Bisnis modal kecil ini dibutuhkan beberapa perusahaan yang menjalankan media sosial sehingga mereka bisa lebih dekat dengan konsumen. Biasanya akun media sosial diharuskan untuk berinteraksi dengan konsumen media sosial perusahaan tersebut.

13. Penulis Blog

Selanjutnya kamu bisa menjadi seorang penulis blog jika memiliki kemampuan untuk menulis sebuah artikel. Banyak beberapa perusahaan yang mencari penulis blog freelance atau part time lalu dibayar sesuai dengan jumlah artikel dan pengalaman menulis mereka. Rekomendasi bisnis di 2023 ini termasuk fleksibel sehingga kamu bisa mengatur waktu anda sendiri untuk pekerjaan full time dan part time.

14. Youtuber

Menjadi Youtuber juga bisa menjadi salah satu rekomendasi bisnis di 2023 selama kamu memproduksi konten video berkualitas dan mendaftar di Google AdSense. Apabila video kamu banyak ditonton secara organik dan muncul iklan di video, kamu pun akan memperoleh penghasilan bulanan dari Youtube.

15. TikTok Content Creator

Rekomendasi bisnis di 2023 selanjutnya adalah menjadi konten kreator TikTok. Setiap waktu, pengguna TikTok menjadi semakin banyak dan membentuk komunitasnya sendiri.

Sejalan dengan itu, ada banyak konten baru yang mendadak viral dan menjadikan si pembuat konten sebagai kreator baru di TikTok. Menariknya, kamu juga bisa menghasilkan uang dengan menjadi konten kreator di TikTok, lho.

16. Bisnis Waralaba

Bisnis waralaba adalah salah satu rekomendasi bisnis di 2023 yang memberikan kemudahan bagi kamu yang tidak memiliki pengalaman dibidang bisnis atau hanya punya modal pas-pasan. Dengan modal bisnis franchise ini, kamu bisa langsung memulai usaha tanpa memikirkan biaya produksi, hingga strategi promosi. Umumnya, perusahaan besar yang membuka franchise sudah memikirkan semua aspek hulu hingga hilirnya.

17. Usaha Daycare

Bisnis dengan membuka daycare juga bisa jadi rekomendasi bisnis di 2023. Bisnis daycare banyak dibutuhkan di kota besar terutama bagi orang tua (suami dan istri) yang sama-sama bekerja. Dari kondisi inilah, bisa jadi peluang yang baik untuk bisnismu. Dalam membuka daycare, kamu perlu perhatikan kualitas sdm, fasilitas yang nyaman sehingga anak-anak merasa betah di daycare.

18. Jual Sembako Online

Saat ini, jualan sembako pun bisa dilakukan secara online. Ini bisa jadi rekomendasi bisnis di 2023 yang menjanjikan. Kini, marketplace, kamu bisa temukan banyak sekali toko online yang menjual sembako. Ide jualan sembako online ini membantu kamu untuk bisa memiliki toko sembako sendiri namun dipasarkan secara online. Tantangan dari menjual sembako secara online adalah kamu harus membedakan beberapa produk yang bisa dikirim via kurir reguler atau kurir instan. Pasalnya ada beberapa bahan makanan yang tidak bisa dikirim secara reguler karena khawatir cepat basi.

19. Les Privat

Bagi kamu yang senang mengajar atau berbagi ilmu, khususnya terkait mata pelajaran anak sekolah, bisa mencoba rekomendasi bisnis di 2023 yang satu ini. Bisnis modal kecil ini sangat fleksibel dan membuatnya dapat kamu jadikan bisnis sampingan.

Membuka les privat juga tidak membutuhkan banyak modal. Kamu bisa mencari buku-buku sekolah yang kini sudah tersedia di internet dalam bentuk digital sebagai bahan ajar. Lalu, jika kamu harus berkunjung langsung ke rumah murid, kamu akan membutuhkan sepeda motor.

20. Buka Pertamini

Ternyata bisnis Pertamini bisa memberi keuntungan yang tidak main-main. Apalagi jika rumah kamu berada di pinggir jalan atau di kawasan yang cukup jauh dari pom bensin. Usaha rumahan pertamini ini memiliki nilai jual yang lebih tinggi dibandingkan dengan usaha bensin eceran pada umumnya.

Itu dia 20 rekomendasi ide bisnis di 2023 dengan modal minim yang bisa kamu jalani. Nah, saat menjalankan rekomendasi ide bisnis ini nanti, jangan lupa untuk memanfaatkan aplikasi kasir Posy, yakni sistem Point of Sale multi platform berbasis cloud yang mampu membuat dan mengintegrasikan laporan transaksi penjualan baik di tempat maupun online secara real-time.



Aplikasi kasir Posy juga dapat membantu para pebisnis untuk menganalisis performa penjualan agar bisnismu dapat berjalan lebih maksimal. Mulai dari mengetahui stok inventaris bahan baku, mencatat laporan penjualan, hingga menganalisis penjualan dari waktu ke waktu. Yuk, download Posy untuk memudahkanmu dalam menjalankan bisnis sehari-hari!